Kader PKK Kecamatan dan Desa Ikuti Penyuluhan Festival Pangan

oleh -157 views
Ketua PKK Kecamatan dan PKK Desa Se Kabupaten Tapin ikuti penyuluhan festival pangan untuk kesiapan lomba B2SA tahun 2019.(Dillah)

RANTAU, Kalselpos.com – Puluhan ibu-ibu PKK Desa Se Kabupaten Tapin ikuti penyuluhan festival pangan lokal beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA). Kamis (20/6) kemarin bertempat Aula Dinas Ketahanan Pangan.

Kegiatan sosialisasi terselenggara atas kerjasama Dinas Ketahanan Pangan dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin.

Baca juga=Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Banjarmasin‎ Bentuk Timpota HSS-Tapin ‎

Mewakili Kepala Dinas Pangan H Saidi mengatakan, latar belakang sosialisasi festival pangan yakni penerapan konsumsi B2SA perlu terus dikembangkan kedepannya, diarahkan pada olahan pangan lokal bernilai komersial sehingga ada nilai ekonomi yang diperoleh.

Semula setiap tahun hanya kegiatan-lomba-lomba saja dalam setiap mengikuti lomba B2SA selesai tidak ada tindak lanjutnya, sekarang ini diubah kegiatan lomba ini menjadi dikomersilkan atau bernilai ekonomi untuk dikembangkan menjadi usaha industri rumah tangga dan bernilai gizi tinggi.

“Dalam pertemuan ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan konsumsi pangan beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) dengan memanfaatkan olahan pangan local dan mendorong kreativitas dan inovasi olahan pangan lokal yang bernilai komersial, “ ujar Saidi mewakili Kadis Pangan.

Jadi setiap makanan berbahan pangan yang diolah sesuai dengan Beragam, Bergizi, seimbang dan Aman tentunya bisa dijadikan industru rumah tangga dan dapat dikomersilkan.

Sementara Ketua Pokja III PKK Tapin Hj Rina Indriani dalam paparannya menyampaikan, sesuai dengan program pokja III PKK Tapin bahwa Tim Penggerak PKK berperan dalam mengembangkan dan memanfaatkan potensi dan sumber daya keluarga dalam rangka pemenuhan kebutuhan pangan keluarga dan diversifikasi pangan lokal, pemanfaatan sumber daya alam, melalui teknologi tepat guna dengan pemanfaatan lahan pekarangan.

Baca juga=Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Banjarmasin‎ Bentuk Timpota HSS-Tapin ‎

“Adanya penyuluhan program baru dalam lomba B2SA festival pangan tentunya dalam penyajian nantinya bisa bernilai ekonomi dan dapat dikomersilkan, yang pada kahirnya tentunya dapat dijadikan insdustri rumah tangga, “ katanya.

Untuk mengikuti lomba B2SA tahun 2019 ini kita sudah memilki buku panduan dari pemerintah pusat, dalam waktu singkat ini akan dipelajari dan diterapkan.

Pada pertemuan ini di undang para Ketua PKK Kecamatan di dampingi Ketua PKK Desa se Kabupaten Tapin dengan nara sumber Dinas Ketahanan Pangan dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin.

Penulis: Dillah
Editor:Wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com