Idealnya di Aluh – Aluh Sudah ada SMK

oleh -272 views
Syamsuri, Kabid SMK Disdikbud Provinsi Kalsel.(Anas Aliando)

BANJARBARU, kalselpos.com – Kecamatan Aluh – Aluh Kabupaten Banjar menjadi salah satu kecamatan yang diprioritaskan memiliki Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Disdikbud Provinsi Kalsel berniat membangun SMK di daerah yang terkenal dengan penghasil ikan dan padi tersebut, namun masih terkendala anggaran.

“Idealnya Aluh – Aluh sudah mempunyai SMK karena pendukungnya sudah ada. Disana sudah ada sekolah menengah pertama dan penduduknya cukup padat,” ujar Kepala Bidang SMK Disdikbud Provinsi Kalsel, Syamsuri kepada kalselpos.com, Senin (17/6/2019) siang.

Baca juga=Guru TK Se Kalsel Meriahkan HUT IGTKI

Disampaikannya, siswa yang tinggal di Aluh – Aluh yang  mau melanjutkan sekolah ke SMK terpaksa mengurungkan niatnya karena untuk bisa bersekolah ke SMK jaraknya cukup jauh. “SMK terdekat dari Aluh – Aluh hanya ada di Kecamatan Gambut, Kertak Hanyar dan Sungai Tabuk selain ke Martapura,” paparnya.

Karena itulah, lanjut Syamsuri, Disdikbud Provinsi Kalsel sudah memprioritaskan di Aluh – Aluh akan didirikan SMK. Namun untuk tahun 2019 ini belum bisa direalisasikan karena keterbatasan anggaran yang ada.

“Semoga SMK di Aluh – Aluh bisa segera di bangun. Kasian anak – anak yang mau ke SMK tapi terkendala jarak yang jauh,” imbuhnya.

Syamsuri menjelaskan, untuk tahun 2019, ada tiga SMK yang dibangun di Kalsel yaitu di Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong, Sungai Pinang Kabupaten Banjar dan Handil Bhakti Kabupaten Batola.

Baca juga=Guru TK Se Kalsel Meriahkan HUT IGTKI

“Untuk di Kecamatan Jaro sekarang sudah dalam tahap pembangunan. Sedangkan dua lainnya masih memasuki proses lelang. Diharapkan dengan bertambahnya SMK, semakin menjadikan anak – anak Kalsel Cerdas dan terampil dibidangnya serta siap memasuki dunia kerja,” tandasnya.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Aspihan Zain
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com