Ibu Ibu Desa Ciptakan Motif Kain Sasirangan Sendiri

oleh -127 views
Ibu-ibu desa parigi kacil bersama pengurus PKBM perlihatkan hasil pelatihan membuat kain sasirangan dan anyaman purun.

RANTAU, Kalselpos.com – Ibu-ibu Desa Parigi Kacil Kecamatan Bakarangan berhasil membuat kain sasirangan dan anyaman purun berupa topi, tas dari bahan purun selama mengikuti pelatihan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin.

Hal terlihat usai di tutupnya kegiatan pelatihan membuat kain sasirangan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al Miftah dan Membuat anyaman Purun Oleh PKBM Karya Muda dalam Program kewirausahaan pedesaan (KWD) Desa Parigi Kacil Kecamatan Bakarangan. Rabu (26/6) kemarin.

Kain sasirangan hasil olahan ibu ibu pkk desa parigi kacil

Baca juga=Bupati HM Arifin Arpan Halal bihalal Warga Tapin di Perantaun 

Sebanyak 10 buah kain sasirangan dengan motip khas dan puluhan anyaman purun berupa topi, tas, dan bakul purun dibuat oleh tangan ibu-ibu desa Parigi Kacil yang tergabung dalam PKK Desa.

Menurut Pengelola PKBM Al Miftah Yuriani kegiatan ini pelatihan dalam rangka memberikan pembelajaran bagi ibu ibu desa Parigi Kacil membuat kain sasirangan dan anyaman purun.

“Ibu-ibu dilatih selama 10 kali pertemuan, mulai teknik dasar, melipat, membungkua kain polos untuk membentuk pola dan dijahit sampai dengan mewarna dan mencelup kain yang sudah dibentuk, ” ujarnya.

Selama pelatihan kami merasa bangga, para ibu-ibu desa selama mengikuti pelatihan, tekun dan ulet serta saling menghormati sesama peserta pelatihan.

Mudah-mudahan nantinya setelah kegiatan berakhir kedepan ini beharap menjadi usaha akan membuat ekonomi dalam keluarga.

“Semoga nanti kedepannya setelah mengikuti pelatihan ini akan menjadi usaha yang menjanjikan bagi warga Desa Parigi Kacil Khususnya dan masyarakat sekitar, “katanya.

Sementara H Fahrun Nur mewakili Dinas Pendidikan Tapin selaku penggagas pelatihan mengucapkan terima kasih kepada kepala desa atas bantuannya berupa sarana dan prasana dalam melaksanakan pelatihan kain sasirangan dan anyaman purun.

“Pelatihan ini dalam rangka kita memberdayakan ibu ibu desa, nantinya bisa dijadikan motivasi bagi warha untuk berwirausaha, ” ujarnya

Usai mengikuti pelatihan ini, berharap jangam berhenti sampai disini saja, teruskan dan dikembangkan sampai pada penjahitan.

Serahkan Hasil Olahan : Salah satu peserta pelatihan menyerahkan kain sasirangan yang sudah dibuat kepada Kepala Desa Parigi Kacil

Kepala Desa Parigi Kacil Basuni, mengaku senang dan bangga atas adanya kegiatan pelatihan pembuatan kain sasirangan dan anyaman purun.

Baca juga=Bupati HM Arifin Arpan Halal bihalal Warga Tapin di Perantaun 

“Adanya pelatihan ini, warga kami bisa menjadi motivasi untuk berwirausaha dalam hal membuat kain sasirangan dan anyaman purun, ” katanya.

Penulis:Dillah
Editor:Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com