Hujan Deras, Embung Tirawan Jebol

oleh -603 views

KOTABARU, Kalselpos.com – Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi mulai pukul 05.00 wita, pada kawasan Kabupaten Kotabaru dan sekitarnya mengakibatkan ruas jalan tergenang air, begitu pula dengan permukiman warga disejumlah wilayah di pusat ibukota Kabupaten.

Dampak itu juga di alami oleh salah satu embung yang di kelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kotabaru di Desa Tirawan Kecamatan Pulau Laut Utara sekitar pukul 12.15 wita siang tadi jebol karena tidak kuat menahan hantaman arus air yang datang dari atas.

Baca juga=Pemkab Kotabaru Kembali Serahkan Bantuan
Baca juga=
Giliran Desa Sampanahan Di Kunjungi Bupati Kotabaru

Menurut Sarwani, selaku humas PDAM Kotabaru kepada kalselpos.com menerangkan bahwa, kondisi bendungan yang jebol bukan diakibatkan karena konstruksi bangunan yang tidak kokoh. Akan tetapi, intensitas curah hujan yang tinggi sehingga tanggul pada bagian atas sebelah kanan yang di perkirakan sekitar 10 meter hancur terbawa arus.

“Bisa kita lihat dan rasakan bersama sejak pukul 05.00 subuh tadi hujannya begitu deras sejak subuh tadi sehingga bedungan gunung Tirawan jebol karena tidak tahan menahan arus air yang sangat kuat,” tutur Sarwani.

Embung Tirawan yang menampung air sekitar 250 ribu kubik yang diresmikan pada tahun 2018 lalu dengan memakan anggaran pembangunan sebesar Rp25 miliar dengan dana APBN terpaksa untuk sementara tidak bisa melayani pendistribusian air kepada pelanggan PDAM.

Baca juga=Pemkab Kotabaru Kembali Serahkan Bantuan
Baca juga=
Giliran Desa Sampanahan Di Kunjungi Bupati Kotabaru

“Hingga sekarang kami masih berada di lokasi dan tentu menjadi harapan kondisi seperti ini bisa cepat reda,” tambahnya.

Dalam waktu dekat, lanjutnya pula, pihaknya akan segera melakukan koordinasi kepada pihak terkait guna mengatasi hal tersebut khususnya mencari solusi untuk pendistribusian air bersih kepada pelanggan yang terkena dampaknya.

“Pelanggan yang dialiri air bersih dari embung Tirawan ini kurang lebih mencapai 5 ribu lebih dan itu pastinya harus menjadi perhatian kita bersama dan bukan hanya pihak PDAM saja,” jelasnya.

Salah satu warga Desa Tirawan, Anjang berharap embung yang jebol tersebut bisa segera diatasi karena akan sangat berdampak pada penyaluran air bersih kepada masyarakat.

“Saya selaku masyarakat disini tentu berharap embung ini bisa segera di pulihkan, karena menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat Kotabaru pada umumnya,” harapnya.

Penulis: uzi
Editor: wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com