Haul Datu Kalampayan Dihadiri Ribuan Jamaah

oleh -145 views

KOTABARU, Kalselpos.com – Luar biasa, mengingat sosok Syech Muhammad Arsad AL – Banjary atau yang lebih akrab di kenal dengan sebutan Datu Kalamapayan, salah satu pemuka agama Islam di tanah Kalimantan yang menyebarkan syiar Islam kepada umat. Karomah yang di berikan Allah SWT kepada Datu Kalampayan bukan main, pernah mengenyam pendidikan agama di tanah arab sebelum akhirnya kembali ke Kalimantan Selatan guna menyebarkan ilmu yang di perolehnya, sosok yang sangat kharismatik hingga sekarang pun terus di ingat tentang apa yang pernah ia sampaikan.

Sepeninggalnya Datu Kalampayan, bisa terlihat jelas hingga sekarang makamnya pun terus didatangi masyarakat yang bukan hanya dari kalangan lokal Indonesia saja melainkan ada yang datang dari berbagai negara untuk berkunjung ke makam Datu Kalampayan.

Hingga tahun 2019 sekarang, pelaksanaan haul yang biasa rutin dilakukan dalam setiap tahunnya sudah mencapai 213 tahun, menjadi kebiasaan di berbagai tempat khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan masyarakat melaksanakan acara haul Datu Kalampayan.

Baca juga=Ini Kawasan Kotabaru yang Tergenang

Seperti halnya hari ini tadi, Senin (10/06) sekitar pukul 08.00 wita pagi, ribuan jamaah yang datang dari berbagai tempat memadati acara haul yang dilaksanakan oleh guru Mufran yang terletak di Desa Pantai Kecamatan Kelumpang Selatan. Hal tersebut merupakan wujud akan kecintaan terhadap ulama besar yang salah satu kitab karangan beliau adalah Sabilal Muhtadin yang di pedomani oleh masyarakat muslim.

Pelaksanaan haul Datu Kalampayan di Desa Pantai yang langsung di pimpin oleh guru Mufran juga di hadiri oleh para habaib, guru-guru besar, tokoh alim ulama, rombongan maulid habsy, masyarakat dari Kabupaten Tanah Bumbu dan masyarakat yang di perkirakan mencapai ribuan orang. Disamping memanjatkan doa kepada Allah SWT, kegiatan juga di isi dengan melantunkan kalimat dzikir dan lantunan ayat-ayat suci AL – Qur’an dan lain sebagainya, juga di sertai dengan halal bihalal bersama masyarakat Kotabaru dalam rangka meningkatkan silaturahmi.

Salah satu masyarakat yang mengaku kagum dengan sosok Datu Kalampayan dan cinta akan beliau mengaku bukan hal yang biasa dapat berhadir dalam kesempatan haulnya dan itu sebagai wujud kecintaan terhadap para ulama.

“Tadi kita bersama-sama di perdengarkan manakif Datu Kalampayan atau sejarah semasa beliau hidup di dunia, karomah ke walian yang dianugerahkan kepada beliau dari Allah SWT bukan main, dan hingga sekarang apa yang pernah disampaikan sejak dahulu terjaga dengan baik,” ujar Rahman kepada kalselpos.com.

Baca juga=Ini Kawasan Kotabaru yang Tergenang

Menurutnya, bisa menghadiri acara keagamaan semacam itu pastinya sangat luar biasa dan berkumpul bersama ribuan jamaah tidak hanya menjadi ajang silaturahmi saja melainkan juga untuk meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Alhamdulillah saya dan rekan lainnya bisa berhadir di acara haul Datu Kalampayan yang dilaksanakan oleh guru Mufran Pantai, kita bersama-sama berharap agar di berikan syafa’at oleh Rasulullah,” jelasnya kemudian.

Senada dengan itu, Muli warga lainnya menyampaikan, kegiatan haul Datu Kalampayan tidak hanya dilaksanakan di satu lokasi saja melainkan di banyak tempat dan itu merupakan wujud akan kecintaan kepada sosok Datu Kalampayan.

“Menurut saya, kita berhadir pada haul Datu Kalampayan ini bukan hal yang biasa tapi luar biasa. Karena jelas, bukan hanya untuk bersilaturahmi saja namun lebih kepada guna meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan kepada sang Maha Pencipta serta wujud akan kecintaan kepada para ulama khususnya Datu Kalampayan dan abah serta guru-guru kita yang ada di Kalimantan Selatan ini,” imbuhnya.

Penulis: uzi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com