Gaji Karyawan Belum Dibayarkan

oleh -141 views
Mustafa Joyo Muchtar

Dewan akan Panggil Managemen PT SRE

===================

MUARA TEWEH,K Pos– Sudah empat bulan terakhir PT Sumber Rejeki Ekonomi (SRE) belum bisa lunasi gaji karyawannya, sehingga hal ini bergulir sampai pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabuppaten Barito Utara (Barut) melalui surat sejumlah karyawan yang minta wakil rakyat bisa memediasikan dengan pihak perusahaan serta dinas yang kompeten.

Anggota DPRD Barito Utara, Mustafa Joyo Muhtar mengatakan masalah kenapa pihak perusahaan PT SRE tidak membayarkan gaji karyawan secara utuh perlu di pertanyakan, apa kendala dan bagaimana bisa terjadi, dewan akan memanggil pihak manajemen PT SRE untuk rapat hearing sesuai dengan rapat Badan Musyawarah (Banmus).

Baca juga=Nadalsyah kembali Cek Jalan Batapah

“Kami sudah menjadwalkan rapat hearing dengan managemen PT Sumber Rejeki Ekonomi pada Kamis 27 Juni 2019 mendatang,” kata Mustafa Joyo Muhtar, Selasa (25/6) kemaren.

Rapat ini kata dia dimaksudkan untuk meminta keterangan dari pihak managemen perusahaan kenapa dan bagaimana masalah pembayaran gaji tidak maksimal serta tertunda selama empat bulan. Kewajiban pihak perusahaan untuk membayar gaji karyawannya dan hak karyawan untuk mendapatkan upah sesuai dengan hasil kerjanya pula, sebagaimana peraturan yang berlaku.

Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi pihak perusahaan untuk tidak membayar upah karyawan apalagi dengan cara mencicil, sebab dari informasi karyawan yang kami terima pihak perusahaan tidak bisa sepenuhnya membayar gaji karyawan. “Apakah nanti alasan managemen pailit atau tidak semua kita tunggu pada rapat hearing tanggal 27Juni nanti,” katanya.

Selain itu kata Mustafa hendaknya pihak PT SRE bisa menghadirkan pimpinan atau pengambil keputusan agar permasalahan bisa cepat selesai atau ada jalan keluarnya, karena selama ini sering kali pada rapat hearing selalu orang yang tidak bisa mengambil keputusan dihadirkan oleh pihak perusahaan .

Informasi yang diterima, bahwa keterlambatan gaji atau pembayaran tidak seluruhnya upah karyawan terjadi sejak Juni 2018 lalu, dimana karyawan sering menerima sebagian dari gaji mereka saja, sedangkan sisanya dibayar satu atau dua bulan mendatang.

Baca juga=Nadalsyah kembali Cek Jalan Batapah

Dan yang lebih terparah lagi, hal ini terjadi sekitar tujuh bulan belakangan ini, dimana selain keterlambatan juga gaji hanya dibayar sebagian, sehingga untuk menutupi kebutuhan sehari hari hampir tidak mencukupi.

Penulis: Asli
Penanggung jawab:SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com