FAD Tanbu Komitmen Cegah Perkawinan Usia Dini

oleh -137 views

BATULICIN, Kalselpos.com – Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (DKBP3A) mengadakan Rapat Koordinasi Forum Anak Daerah (FAD) se Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dan penandatanganan komitmen pencegahan perkawinan usia dini sekaligus seleksi peserta kegiatan pembinaan Forum Anak dan Jambore Anak Nasional tingkat Provinsi, yang dilaksanakan di Gedung Sekretariat PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (13/6).

Ketua Panitia FAD Syafa Aqilla Fadya dalam laporannya mengatakan, berdasarkan Undang-undang No. 23 tahun 2003 tentang perlindungan anak yang berusia antar 0 sampai 18 tahun ke bawah, yang berkewajiban melaksanakan pembangun perlindungan anak itu unsur pemerintah bersama masyarakat.

Baca juga=PT. Nusantara Batulicin Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir di Karang Bintang

“Karena itu anak-anak dihadirkan pada kesempatan ini dalam 2 kegiatan. Yaitu rapat koordinasi yang akan memberikan informasi baik dalam meningkatkan kapasitas potensi anak untuk ikut mengembangkan menjadi bangsa yang maju serta tumbuh menjadi anak yang optimal dan berpendidikan. Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen pencegahan perkawinan usia dini,” ujarnya.

Bupati Tanah Bumbu yang disampaikan Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Andi Aminuddin menyebutkan kegiatan ini adalah upaya meningkatkan silaturahmi antara pemerintah dan anak-anak di seluruh Kabupaten Tanah Bumbu. Hal ini dijadikan dasar, mengingat maraknya kejadian-kejadian yang memprihatinkan yang dapat berpengaruh kepada kehidupan anak-anak.

“Seperti kita liat saat ini ada di televisi, media sosial dan media cetak. Kekerasan yang terjadi kepada anak-anak yang meliputi kekerasan fisik maupun siologis, seksual, perdagangan anak dan lain sebagainya. Tentu hal ini menimbulkan keresahan bagi orang tua. Hal itu semua menjadi tanggung jawab kita bersama,” sebutnya.

Baca juga=PT. Nusantara Batulicin Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir di Karang Bintang

Pengaruh perkembangan teknologi dan informasi dalam kehidupan anak dan remaja, agar mereka dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan seni dan budaya. Dimana peran pemuda dalam mengisi pembangunan, seperti peran remaja dalam mencegah kekerasan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Selanjutnya ia menambahkan tentang pentingnya Teknologi Informasi bagi anak-anak. Dimana perkembangan teknologi informasi saat ini semakin pesat sehingga membawa dampak positif dan negatif terhadap anak-anak. Peran serta orang tua, pemerintah dan masyarakat sangat berperan penting dalam pengawasan penggunaan Teknologi Informasi saat ini.

Dalam kegitan tersebut hadir pula para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Anggota TP-PKK Tanah Bumbu dan Anggota Forum Anak Daerah (FAD).

Penulis: Syahriadi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com