Efek Tiongkok Lambat Order Batubara, Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Kalsel

oleh -110 views

BANJARMASIN, kalselpos.com – Pada Triwulan pertama tahun 2019, pertumbuhan perekonomian Kalimantan Selatan tercatat melambat jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. “Triwulan pertama tahun 2019 tercatat 4,08 persen (yoy), triwulan sebelumnya sebesar 5,78 persen (yoy) jadi ada sedikit perlambatan,” ujar Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalsel, Herawanto kepada sejumlah jurnalis dalam acara temu wartawan bertempat di Gedung BI Perwakilan Kalsel di Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Selasa (18/6/2019) siang.

Baca juga=Hermansyah Maju Pilwali Banjarmasin bila dapat Restu

Herawanto berkata, penyebab perlambatan pertumbuhan ekonomi Kalsel salahsatunya adalah terkait perlambatan permintaan emas hitam alias batubara dari negeri Tirai Bambu Tiongkok karena cadangan stok batubara di negeri Panda tersebut masih tinggi.

“Salah satu faktor perlambatan pertumbuhan ekonomi Kalsel karena melambatnya permintaan batubara dari Tiongkok karena stok masih banyak,” paparnya.

Sementara itu, Humas Bank Indonesia Perwakilan Kalsel, Abdul Haris mengatakan, banyak komoditas – komoditas di Bumi Lambung Mangkurat yang sudah menjadi tren penyumbang Inflasi diantara beras, ikan dan pada skala nasional naiknya tiket pesawat.

“Itu diantaranya komunitas-komunitas yang menjadi perhatian Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), termasuk juga  keanggotaannya Bank Indonesia,” papar pria ramah tersebut.

Haris berujar, TPID akan menggali lebih lanjut apa yang menjadi permasalahan. Apakah dari sisi suplainya yang perlu ditambah, sehingga produktivitas perlu ditingkatkan untuk waktu-waktu berikutnya atau dari sisi distribusi.

Baca juga=Hermansyah Maju Pilwali Banjarmasin bila dapat Restu

“Komponen-komponen atau komunitas yang menjadi pemicu inflasi itu ada yang sifatnya nasional seperti tarif angkutan udara. Ada yang memang sifatnya mungkin terjadi di kawasan tertentu, diantaranya ikan bakar dan beras,” tandasnya.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Aspihan Zain
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com