Duta Genre Selaku Konseling Remaja

oleh -142 views

AMUNTAI, K.Pos – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar pemilihan Duta GenRe 2019. Sebanyak 63 peserta mengikuti berbagai tahapan seleksi dari tanggal 8-16 Juni 2019.

Pemilihan Duta genre merupakan program dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana sebagai komitmen Pemerintah Kabupaten HSU untuk menekan pernikahan dini serta pendewasaan usia perkawinan yaitu usia 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki.

Baca juga=Wakil Bupati HSU Hadiri HUT Ceremony STIPER Amuntai

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi dan pembinaan ke beberapa pusat informasi dan konseling remaja sejak tanggal 15 April 2019. Selain itu juga dilakukan penyebaran proposal dan kerjasama berbagai pihak,” jelas Sekretaris DPPKB HSU Aidillah selaku Ketua Pelaksana, saat Grand Final Pemilihan Duta GenRe 2019, bertempat di aula BPKAD HSU.

Kegiatan program GenRe di Kabupaten HSU dapat lebih digalakkan lagi, dan remaja dapat mengisi dengan kegiatan-kegiatan positif, sehingga terhindar dari resiko kesehatan reproduksi pernikahan dini serta seks pranikah.

“Dengan adanya kegiatan ini kita dapat menjadi agen perubahan untuk membuat HSU menjadi lebih mantap,” tandasnya.

Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi saat membuka kegiatan ini menyambut baik dan mengapresiasi kepada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten HSU atas inisiatifnya melaksanakan kegiatan pemilihan Duta GenRe 2019.

Pemerintah Kabupaten HSU juga berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat  terhadap pentingnya menyiapkan dan mewujudkan generasi berencana, generasi yang berkarakter dalam rangka mendukung generasi muda HSU menggapai dan mewujudkan cita-cita mereka melalui rencana yang baik di masa yang akan datang.

Baca juga=Wakil Bupati HSU Hadiri HUT Ceremony STIPER Amuntai

Hal ini menjadi awal yang baik untuk menyukseskan generasi berencana dalam mendukung program Keluarga Berencana secara keseluruhan, “karena inti dari program ini adalah tidak lain mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda, memberikan wawasan tentang kependudukan, kesehatan reproduksi remaja, menyiapkan kehidupan berkeluarga, serta pembangunan keluarga melalui Pusat Informasi dan Konseling remaja baik yang ada di masyarakat, sekolah, maupun perguruan tinggi,” tambahnya.

Husairi juga berharap Duta GenRe dapat menularkan ilmunya bagi remaja lain, bisa memberikan solusi, dan merespon permasalahan yang dihadapi remaja yang saat ini begitu komplit agar terhindar dari 3 permasalahan, terkait seks bebas, HIV AIDS, dan narkoba. (ayt/tim)

Penulis: Adiyat/tim
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com