Dsiperkim LH Gelar Pembinaan Pengelolaan Sampah

AMUNTAI, K.Pos – Dinas Perumahan, Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Pembinaan Pengelolaan Persampahan. Hal ini mengambil tema menata desa, membangun banua menuju HSU bebas sampah 2025 di Gedung Agung, Kantor Setda HSU.
Kepala Disperkim LH Kabupaten HSU Rusnaidy mengatakan, kegiatan ini adalan pembinaan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam rangka pengelolaan persampahan.
“kegiatan ini berkaitan dengan adanya peraturan presiden (perpres) mengenai kebijakan strategi nasional dalam rangka pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga, perpres nomor 97 tahun 2017, ” ujar Rusnaidy.
Rusnaidy juga menambahkan, implementasi nya Pemerintah Provinsi dan Kabupaten menyusun kebijakan strategi daerah (Jaksrada) dalam rangka pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga.
“sampah menjadi permasalahan nasional, dan sampah ini merupakan kewajiban pemerintah daerah, pemerintah provinsi maupun kabapeten hingga tahap kecamatan, kelurahan, desa dalam pengelolaan sampah untuk dikurangi dan ditangani,” tuturnya.
Adapun Asbiani selalu Fungsional Widyaiswara Bidang Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel mengatakan, yang menjadi dasar kebijakan dasar strategi nasional dan daerah adalah  pengurangan dan penanganan sampah.
“untuk pengurangan sekitar 30 persen tahun 2025 dan untuk penanganan 70 persen, ” ujar Asbiani.
Asbiani juga menambahkan, untuk pengurangan sampah 30 persen target sasaran nya adalah masyarakat entah itu pejabat, pegawai negeri dan masyarakat biasa untuk mengurangi sampah dalam kehidupan sehari hari.
“Untuk penanganan 70 persen memang domain di pemerintah, dimana di HSU domain sampah organik, dimana penanganan nya sangat mudah, seperti pembuatan kompos dan pupuk” katanya.
Jaksrada yang telah disusun ada target target nya, untuk bersama sama kita kerjakan, meskipun tantangan banyak karena merubah perilaku, kebiasaan tidak semudah membalikan telapak tangan, maka kesadaran perlu dari diri kita mencoba untuk ramah lingkungan.
Penulis: Adiyat/tim
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Bacaan Lainnya

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait