Dinsos HSU Luncurkan Bantuan Pangan Non Tunai 

oleh -324 views
AMUNTAI, K.Pos – Dinas Sosial Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bersama Bank Mandiri wilayah regional XI Kalimantan melaunching penyaluran bantuan pangan non tumai bagi 14 122 keluarga penerima manfaat.
Acara dihadiri Asisten I bidang pemerintahan dan kesra Ir.Supomo, pimpinan Bank Mandiri wilayah regional IX Kalimantan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten HSu Rizali Eswansyah para camat dan para koordinator wilayah serta tenaga pendamping Program Keluarga Harapan (PKH).
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten HSU Rizali Eswansyah mengatakan, bantuan pangan non tunai (BPNT) merupakan generasi ketiga bantuan sosial bagi keluarga penerima manfaat ( KPM).
“Dulu kita kita kenal dengan istilah Raskin, kemudian menjadi Rastra, sekarang Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT dengan tujuan agar mekanisme penyaluran bantuan  sosial bisa lebih mudah, tepat sasaran dan tepat waktu karena disalirkan oleh Bank Mandiri,” ujar Rizali.
Rizali mengatakan, sebanyak 14. 122 KPM di HSU akan menerima BPNT meski sebanyak 253 KPM masih belum berhasil buka rekening kolektif (burekol).
Melalui BPNT ini, lanjutnya, sekaligus bermanfaat meningkatkan ketahanan pangan di tingkat KPM, meningkatkan transaksi non tunai yang menjadi agenda nasional dan membantu pertumbuhan ekonomi usaha mikro dan kecil dibidang perdagangan.
Sementara kepala bidang bansos Hairansyah secara rinci menjelaskan, KPM yang sudah buka rekening akan menerima semacam kartu bansos dari Bank Mandiri yang akan menjadi alat transaksi di toko atau warung yang sudah ditunjuk menjadi mitra penyaluran BPNT.
“Jadi KPM hanya bisa menggunakan kartu untuk berbelanja komiditi beras dan telor tidak boleh jenis pangan  lain. Bantuan yang diterima tiap KPM senilai Rp110.000 dan harus dihabiskan dalam satu bulan,” katanya.

Penulis: Adiyat/Tim
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com