Dinilai Masuk Kategori Buruk, Pemkab Lakukan Bimtek

oleh -337 views

BARABAI, Kalselpos.com – Dari 13 Kabupaten/kota di Kalsel hanya 1 kabupaten yang dinilai pengarsipannya baik. Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mendapatkan predikat buruk.

Hal tersebut disampaikan, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten HST Mardiyono. 3 kabupaten/kota lainnya dinilai cukup sisanya masuk penilaian buruk. Karena hal tersebut, Dinas Perpustakaan HST melaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip bertempat di ruang rapat Bapelitbangda, guna meningkatkan sumber daya manusia terutama yang menangani kearsipan di SKPD masing masing.

Kegiatan dinilai penting, mengingat arsip yang merupakan potret organisasi lembaga sangat menentukan arah kebijakan dan penanganan. Pengarsipan ini juga termasuk dalam penilaian indeks birokrasi di kab/kota.

Baca juga=Tukang Kisah Ngetop dari Barabai Berpulang ke Rahmatullah

“Permasalahan pengarsipan yang banyak terjadi adalah arsip yang tertumpuk di dalam gudang. Jadi ketika ada kepala dinas yang mencari arsip, maka butuh waktu berhari-hari untuk bisa menemukannya,” ucapnya.

Maka melalui kegiatan ini nantinya diharapkan mampu menjamin ketersediaan arsip yang otentik dan terpercaya dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan tata kearsipan yang baik dan bersih serta meningkatkan kualitas pelayanan publik dan sebagai salah satu bukti kinerja organisasi aparatur penyelenggara adminstrasi serta pertanggungjawaban nasional.

Baca juga=Tukang Kisah Ngetop dari Barabai Berpulang ke Rahmatullah

Penulis : adiyat
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com