Dinas Pertanian Latih Petani Kelapa Sawit  

oleh -227 views

BATULICIN, Kalselpos.com – Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengadakan Pelatihan Manajemen Budidaya Kelapa Sawit bagi petani kelapa sawit di Kecamatan Sungai Loban.

Pelatihan dilaksanakan di aula pertemuan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sungai Loban, Rabu (19/6).

Kepala Dinas Pertanian melalui Kasi Kelembagaan dan Ketenagaan Penyuluh, Aswanto saat membuka pelatihan menyatakan kegiatan bertujuan memberikan pemahaman menyeluruh kepada petani tentang manajemen budidaya kelapa sawit.

Baca juga=Warga Bersyukur, Jalan Banjarbaru-Batulicin sudah bisa Digunakan

“Melalui kegiatan ini, petani tidak hanya diajarkan tentang cara menanam, tapi mulai dari tahap persiapan lahan, pengolahan tanah, hingga pemeliharaan, panen hingga teknik pemasaran kelapa sawit,” jelasnya.

Dalam kegiatan juga diberikan pengenalan tentang jenis bibit sawit unggul yang dapat ditanam para petani, serta Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB) yang akan memudahkan pemasaran hasil panen kelapa sawit petani.

Selain itu dilakukan pula praktik tata cara penanaman bibit kelapa sawit yang tepat di lahan BPP Sungai Loban yang tersedia.

Baca juga=Warga Bersyukur, Jalan Banjarbaru-Batulicin sudah bisa Digunakan

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan adalah para petani dari desa di Kecamatan Sungai Loban yang banyak memiliki lahan kebun kelapa sawit. Sedangkan narasumbernya adalah dari jabatan fungsional Penyuluh dari Dinas Pertanian.

Penulis: Syahriadi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com