Click 187 Calon Jemaah Haji Ikuti Manasik

oleh -139 views

RANTAU, Kalselpos.com – Sebanyak 187 orang calon jemaah haji Kabupaten Tapin ikuti bimbingan manasik haji massal keberangkatan tahun1440 Hijriah 2019 Masehi. Senin (17/6) kemarin Bertempat Pendopo Balahendang Rantau.

Bimbingan manasik haji masal dibuka secara resmi oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan yang dalam hal ini di Wakili Asisten Administrasi Umum H Syaiful Bahrin Noor.

Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kalsel Drs H Noor Fahmi, Kepala Kantor Kementrian Agama Tapin Mahrus, Ketua MUI Tapin H Hamdani dan jajaran Kemenag Tapin.

Baca juga=Awali Masuk Kerja Wabup Salami Seluruh ASN Pemkab Tapin

Bupati Tapin di wakili Asisten Administrasi Umum H Syaiful Bahrin Noor dalam sambutannya mengatakan, saya sangat menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini, karena akan membantu para calon jemaah haji sebagai bekal untuk melaksanakan ibadah haji di tanah suci mekkah.

“Pelatihan manasik haji ini mempunyai arti dan makna yang cukup penting dalam rangka untuk lebih meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kita dalam pelaksanaan ibadah haji, ” jelasnya.
.
Berharap seluruh calon jemaah haji dapat melaksanakan ibadah dengan lancar dan menjadi haji yang mabrur.

Lebih lanjut kata Asisten mengharapkan kepada petugas kesehatan terus yang ditugaskan melayani jemaah haji agar selalu stanbay sehinga jemaah ada keluhan sakit bisa terlayani dengan baik.

Kemudian juga setiba di tanah suci mekkah ataupun di madinah agar saling berkoordinasi antara para jemaah dan petugas daerah.

“Saling koordinasi sesama jemaah dan para petugas haji, “pinta Asmintum.

Kepala Wilayah Kantor Kementrian agama Provinsi Kalsel H Noor Fahmi mengatakan, keberangkatan calon jemaah haji gelombang pertama di mulai awal 8 juli 2019 gelombang pertama sampai tangal 19 juli 2019 kemudian gelombang kedua diberangkatkan mulai 21 juli sampai 5 agustus.

Baca juga=Awali Masuk Kerja Wabup Salami Seluruh ASN Pemkab Tapin

Adanya pembukaan manasik haji masal ini mudahan evektifitas manasik haji bisa dilaksanakan dan dikuti oleh calon jemaah haji dengan sebaik-baiknya.

Berjarap jangan hanya pada pembimbing pada saat manasik saja belajar, tetapi bisa mandiri dan juga jemaah bisa belajar terhadap kawan-kawan jemaah terkait dengan pelaksanaan ibadah haji.

“Mudahan calon jemaah haji bisa belajar mandiri selain kegiatan manasik haji yang dilaksanakan pemerintah, “harapnya.

Sementara Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tapin H Mahrus melaporkan,

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tapin H Mahrus melaporkan, calon jemaah haji asal Tapinyang akan berangkat ketanah suci mekkah insha allah diberangkatkan pada tanggal 15 juli 2019.

Ada dua gelombang jemaah haji tapin yang diberangkatkan gelombang pertama masuk kloter 5 jemaah calon haji sebanyak 171 orang terdiri dari 75 laki perempuan 96 orang petugas daerah 1 dan pendamping 2 orang serta lansia 3 orang

Kemudian gelombang kedua masuk kloter 18 sebanyak 16 orang calon jemaah haji terdiri dari 3 orang lansia.

“Kegiatan manasik haji ada sebanyak 2 (dua) kali pertemuan tingkat Kabupaten dan tingkat kecamatan 8 (delapan) kali pertemuan, ” katatanya.

Mudah-mudahan semua calon jemaah haji dapat mengikutinya kegiatan manasik haji dan selalu sehat sampai keberangkatan dan datang kembali ketanah air.

Penulis:Dillah
Editor:Wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com