Banjir Akibat Rusaknya Ekosistem Alam

oleh -93 views
Asbullah

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Bencana alam berupa banjir di sejumlah titik di Kalsel membuat rasa prihatin anggota DPRD Provinsi Kalsel. Musibah banjir yang melanda di Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu dan Tanah Laut menyisakan kesedihan bagi masyarakat karena dampaknya sangat merugikan dari seluruh aspek terutama dari segi perekonomian.

“Ya kami sangat prihatin atas musibah banjir ini,” ujar Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Asbullah kepada Kalsepos Selasa (11/6).

Baca Juga = Jajaran Pemkab Tanbu Hadiri Open House Gubernur Kalsel

Menurutnya kejadian ini bisa dijadikan pembelajaran bagi kita semua, apalagi dampak buruk yang dirasakan jelas merugikan semua pihak apalagi masyarakat karena mereka tidak bisa beraktifitas.

“Saya kira perlu penanganan serius dari pemerintah daerah dan kabupaten setempat,” pintanya.

Lanjut Asbullah, dari 3 Kabupaten yang paling parah adalah Kotabaru akibat jebolnya embung air PDAM Tirawan Gunung Sari sehingga menyebabkan tergenangnya lima desa yaitu Baharu, Teluk Gosong, Stagen, Gunung Sari dan Sungup Kanan.

Baca Juga = Jajaran Pemkab Tanbu Hadiri Open House Gubernur Kalsel

“Bukan saja pemukiman warga, akses jalan umum juga ikut tergenang,” beber politisi PPP ini.

Oleh karena itu sambung Asbullah berharap ada beberapa opsi agar kedepan persoalan banjir ini bisa diminimalisir, yaitu dengan rehabilitasi hutan gunduk dan renovasi insfrastruktur penunjang,” harap Asbullah.

Upaya dari DPRD Provinsi Kalsel adalah dengan memberikan dukungan penuh dalam upaya penanganan banjir baik dari tanggap darurat pasca banjir maupun penganggaran guna mengantifipasi banjir.

Hal sama juga diutarakan Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalsel, Suwardi Sarlan, pihaknya tak memungkiri banjir yang terjadi ini diantaranya akibat kerusakan lingkungan, sehingga harus segera ditangani.

“Pemda harus bergerak cepat agar banjir tidak semakin meluas,” tukas Suwardi.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com