Antisipasi Karhutla, Kodim 1003 Pelatihan Simulasi Posko Karhutla

oleh -353 views
WAWANCARA- Danrem 101 Antasari, Kolonel Inf Mohammad Syech Ismet dan Wakil Bupati HSS, Syaruri Arsyad, didamping Dandim 1003 Kandangan, Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto, wawancara dengan awak media tentang kesiapan penanganan karhutla.(Sofan)

KANDANGAN, Kalselpos.com– Kodim 1003 Kandangan mengelar pelatihan simulasi Posko I kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama tiga hari dari 19-21 Juni 2019. Pelatihan Posko I Karhutla dibuka langsung oleh Danrem 101 Antasari, Kolonel Inf Mohammad Syech Ismet.

Hadir dalam pembukaan pelatihan simulasi Posko I Karhutla tersebut, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, Dandim 1003 Kandangan‎, Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto, Ketua DPRD HSS, Akhmad Fahmi, Kapolres HSS, AKBP Dedy Eka Jaya‎, Kejari HSS, Sugeng Riyadi.

MELIHAT- Danrem 101 Antasari, Kolonel Inf Mohammad Syech Ismet didampingi Dandim 1003 Kandangan, Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto dan Wakil Bupati HSS, melihat skema pemeritaan karhutla.(Sofan)

‎Danrem 101 Antasari, Kolonet Inf Mohammad Syech Ismet, mengatakan, pelatihan simulasi Posko I karhutla merupakan salah satu cara latihan ketnis tanpa pasukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan kerja komandan dan staf, dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan komando pengendali operasi keterpaduan.

Baca juga=Sekda HSS Sambut Kedatangan Tim Penilai Asman Toga ‎

Dikatakannya, sesuai dengan UU no 34 tahun 2014, TNI memiliki tugas pokok menegakkan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan pancasila dan UND 1945 dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Dijelaskannya, tugas tersebut dilaksanakan dalam bentuk operasi militer perang (OPM) dan tugas operasi militer selain perang (OMSP). “Salah satu tugas selain perang adalah membantu perintah daerah menanggulangi bencana, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusian,” ujarnya.

Ia berharap, melalui pelatihan Posko I Kodim 1003 Kandangan, dapat berhasil sesuai dengan tujuan tujuan dan sasaran yang diharapkan. “Gunakan waktu yang singkat ini, untuk mencapai profesionalisme dan menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan dimasa akan datang,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, mengucapkan terima kasih kepada Danrem yang serius dalam menangani karhutla di Kabupaten HSS‎.

Menurut Syamsuri, untuk menghadapi bencana karhutla, pihak akan segera melakukan koordinasi dengan pihak TNI/Polri dan pihak terkait lainnya.

Baca juga=Sekda HSS Sambut Kedatangan Tim Penilai Asman Toga ‎

Namun, yang terpenting adalah bagaimana menjaga hutan dan lahan tidak dibakar seperi kata pak danrem. “Untuk mencegah itu, kita akan terus upayakan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com