Warga Panggungan bersemangat Tanam Sengon

oleh -207 views

KANDANGAN, Kalselpos.com – Panas terik di bulan Ramadan, tidak menyurutkan semangat Mahlan untuk bekerja. Meski telah berusia tak muda lai, ia tetap bersemangat memelihara pohon Sengon agar tumbuh dengan baik di Desa Panggungan Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

“Kakek mau mengerjakan sendiri, sisa 3 borongan saja. Kalau ditebas habis sengonnya tumbuh baik, mau kakek rawat biar nanti jadi tabungan buat cucu – cucu,” kata Mahlan ketika Penyuluh Pendamping Kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Kelompok Tani Hutan (KTH) Wana Bakti, Risna, menyarankan untuk pembersihan lahan dengan cara tebas jalur dan diupahkan.

Tebas jalur sudah sesuai dengan aturan pengerjaan kegiatan, kata Risna, supaya pengerjaan lebih mudah dan cepat. Borongan adalah satuan luas yang biasa dipakai oleh masyarakat di HSS, bahkan mungkin di Kalsel, dimana infonya 1 borong setara dengan 17.5 m x 17.5 m.

Baca Juga ==>CPNS Tapin Sebelum Terima SK Wajib Tanam Pohon

Mahlan sendiri adalah anggota Kelompok Tani Hutan (KTH) Wana Bakti di Desa Panggungan. KTH ini merupakan salah satu dari 8 KTH penerima Program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) KTH Sengonisasi di Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Hulu Sungai seluas 200 hektare. Dan setiap KTH mendapat program seluas 25 hektare.

Pada kegiatan monitoring terakhir, Kamis (16/5) lalu, lahan yang sudah ditanami Sengon seluas kurang lebih 23 hektare, dengan jumlah bibit yang ditanam sebanyak kurang lebih 25.300 batang. Ada sekitar 100 batang bibit yang mati dan harus segera disulam.

Mengingat hujan masih terus turun, kegiatan penanaman seluas 2 hektare akan tetap dilanjutkan. Pembersihan lahan yang tersisa seluas 0.5 hektar juga tetap dilakukan. Begitu pula petani yang lahannya sudah siap tanam, proses penanaman terus berjalan. Mereka berlomba menyelesaikan penanaman sebelum musim kemarau datang.

Penulis: Anas Aliando/Humas
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider