Waktu Kerja Petugas Kebersihan bergeser

oleh -267 views
Drs Mukhyar MAP

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, selama bulan Suci Ramadan tahun ini, melakukan penggeseran waktu kerja para petugas kebersihan atau pasukan kuning yang bekerja membersihkan sampah di sejumlah titik di kota itu.

“Pergeseran itu dimaksudkan, agar para petugas kebersihan dapat dengan nyaman melaksanakan ibadah selama bulan Ramadan,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Drs Mukhyar MAP, kepada wartawan, Senin (6/5) kemarin.

Menurutnya, bila pada hari biasa para petugas melakukan pembersihan dan pengangkutan sampah pada sekitar pukul 19.00 Wita, maka selama bulan puasa dilaksanakan setelah ibadah salat Taraweh dilaksanakan. Artinya ada pergeseran selama sekitar dua jam dari waktu sebelumnya.

“Kita geser waktu nya, biasanya pukul 19.00 Wita. Sekarang pembersihan dan pengangkutan habis salat Taraweh,” ungkapnya.

Kemudian katanya, untuk pekerja kebersihan yang bertugas pada hari biasa pada sekitar pukul 2-3 dinihari, sekarang dapat bertugas selesai ibadah sahur dilaksanakan. “Tujuannya juga agar tidak mengganggu pelaksanaan ibadah mereka, juga memaksimalkan proses pembersihan. Sebab biasanya volume sampah yang dibuang, juga meningkat setelah sahur,” bebernya.

Selain itu tambahnya, untuk jumlah atau armada kebersihan yang ditugaskan selama ramadan, tidak mengalami perubahan. Petugas yang diturunkan tetap sama seperti biasa, kendati ada peningkatan jumlah titik yang dibersihkan seperti di Pasar Wadai dan lainnya.

“Petugas kebersihan ini tidak ada penambahan ,hanya di beberapa titik tertentu seperti di Pasar Wadai. Kami berharap, masyarakat tetap tertib membuang sampah, jangan ada TPS liar,” ingatnya.

Pihaknya juga mengimbau, kepada masyarakat Kota Banjarmasin agar tidak ada lagi yang membuang sampai ke sungai. Dengan tertib membuang sampah, maka itu bisa membantu petugas kebersihan yang bertugas di lapangan.

“Bulan suci Ramadan biasanya volume sampah mengalami kenaikan mencapai 10 persen. Sampah tersebut didominasi oleh sampah organik atau sampah basah,” tutupnya.

Penulis : Fudail
Editor : Aspihan
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider