Tepati janji Kampanye, Warga Didaftarkan BPJS Gratis

oleh -698 views

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Seperti yang telah dijanjikan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT dan Drs H Nafiah Ibnoor pada saat Pemilukada, yaitu akan memberikan jaminan kesehatan dengan memasukan kepesertaan masyarakat Kapuas, sebagai peserta BPJS dan diberikan secara gratis, mendapatkan apresiasi dari warga Desa Lawang tamang Kecamatan Mandau Telawang.

“Pada intinya saya atas nama warga desa masyarakat Lawang tamang memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Bupati dan wakil yang mana tidak hanya memberikan janji tapi telah merealisasikan apa yang dikatakanya pada saat kampanye dulu dengan telah memberikan suatu jaminan kesehatan kepada warga saya,” kata Pancar Kades Lawang Tamang, saat dibincangi awak media Sabtu (5/5).

Diterangkannya bahwa dari sebanyak kurang lebih 500 jiwa warganya kini telah secara keseluruhan memegang kartu dan terdaftar sebagai peserta BPJS, dan ini sangat berarti bagi mereka.

Baca Juga ==>Touring Sebagai Sarana Kampanye Tertib Berlalu Lintas

Ungkapan yang sama juga ditujukan kepada Dinas Kesehatan Kapuas yang telah turut serta membantu sehingga proses dari pendataan sampai pembuatan hingga dicetaknya kartu BPJS dapat secepatnya terealisasi.

Ditempat yang sama, Apendi Kepala Dinkes melalui Sekretarisnya Raison membenarkan bahwa penyerahan kartu BPJS ini sebenarnya tidak hanya di Desa Lawang Tamang, namun sudah terealisasikan pada empat Kecamatan di bagian hulu seperti Mandau Telawang, Kapuas Hulu, Pasak Telawang dan Kecamatan Timpah dengan total 42.858 kartu dengan total anggaran kurang lebih Rp25 Miliar.

Dari 17 Kecamatan sebagaimana data Dinkes warga Kabupaten Kapuas yang telah terdata sebagai peserta BPJS yang tertanggung dari APBN kurang lebih 13 Ribu, APBD sebanyak 37 Ribu dan Kalteng Berkah kurang lebih 20 ribuan, jadi untuk saat ini pihaknya akan memfokuskan pada sisa warga yang benar-benar belum terdaftat atau masuk dalam kepersertaan.

Diakuinya kenapa pihaknya belum dapat mencaouver secara keseluruhan dan hanya pada 4 kecamatan pada tahun 2019, hal ini terkendala dana dan mudah-mudahan untuk yang sisanya akan dapat direalisasikan pada APBD perubahan dan ini akan dilakukan secara bertahap dan diharapkan pada hingga tahun 2020 mendatang secara keseluruhan warga kapuas akan terdaftarkan semua.

“Sampai dengan saat ini 183 Ribu warga Kabupaten Kapuas sudah terdaftar sebagai peserta, dan 163 ribu masih dalam tahapan proses, namun ini dikurangi 42.858 ribu jadi sisanya mudah-mudahan akan bisa tercaouver pada tahun 2020 mendatang,” katanya.

Baca Juga ==>Touring Sebagai Sarana Kampanye Tertib Berlalu Lintas

Yang perlu diketahui oleh warga yang telah didaftarkan kepesertaanya sebagai anggota BPJS secara Gratis ini hanya untuk kelas III dan apabila merubah kelasnya maka secara otomatis kepesertaanya akan gugur dengan kata lain tidak ditanggung lagi.

Penulis : Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider