Tekan Inflasi, Pemkab HSS Bantu Warga Kurang Mampu

oleh -156 views
RAPAT KOORDINASI- Bupati HSS, Achmad Fikry, didamping Sekda HSS, M Noor memimping rapat koordinas pengendalian inflasi bersama BI, Bulog dan dinas terkait.(Humas/Sofan)

KANDANGAN, Kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) Rapat Kordinasi (Rakor) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Senin (27/5) di Aula Rakar Mufakat. Rakor‎ digelar untuk menekan kenaikan harga komiditi dipasar pada bulan Ramadhan dan jelang lebaran Idul Fitri.

Rakor dipimpin langsung oleh Bupati HSS, Achmad Fikry, didamping Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten HSS, M Noor, yang dihadiri pada kepala SOPD dan  Tim Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia dan BULOG Barabai.‎

Bupati HSS, Achmad Fikry, mengatakan,  fakta dilapangan menunjukkan menjelang bulan Ramadhan beberapa komoditas mengalami kenaikan, seperti bawang merah, bawang putih, gula pasir, dan beras lokal.‎

Baca Juga ==>Pemkab Tanbu Gelar Pasar Murah Terakhir di Desa Sejahtera

Menurut Fikry, kenaikan harga komidi yang naiknya cukup tinggi tidak bisa dilakukan dengan operasi pasar seperti bawang merah dan bawang puting. “Dua komoditas ini naik, karena tidak tersedianya stok atau barang di pasar,” ujarnya.

Dikatakan Fikry, ‎dinamika ini terjadi bukan hanya menjelang Ramadhan, tetapi juga menjelang akhir Ramadhan, yang perlu untuk dicari solusi dan alternatif, agar kedepan dapat menekan kenaikan harga, sehingga terjangkau oleh masyarakat.

MENGHADIRI- Para kepala satuan kerja perangkat daerah mengikuti rapat koordinas pengendalian inflasi daerah bersama bupati.(Humas/Sofan)

Diungkapkan Fikry, guna menanggulangi persamasahan tersebut, ‎Pemerintah Daerah (Pemda) melakukan langkah-langkah dengan memberikan bantuan untuk masyarakan tidak mampu dan pasar murah yang dilaksanakan di beberapa desa.

“Sembako-sembako murah dan bersupsisi kita berikan kepada masyarakat yang kurang mampu,” ujarnya. Dalam menekan inflasi, Bupati Fikry menginginkan Tim Pengendalian Inflasi Daerah, mempunyai matrik titik-titik kritis peningkatan inflasi, sehingga bisa waspada dan bisa mngambil lngkah-langkah awal untuk mengendalikannya.

‎”Saya meminta dinas perdagangan untuk terus mementau dan memastikan ketersediaan barang di Pasar Kandangan, terutama jelang lebaran Idul Fitri,” ujarnya.

Baca Juga ==>Pemkab Tanbu Gelar Pasar Murah Terakhir di Desa Sejahtera

Bupati menambahkan, sesuai kebijakan Pemkab HSS menjelang lebaran Idul Fitri  akan kembali mengglontorkan dana bantuan dan beras bagi masyarakat yang tidak mampu untuk menjamin ketersediaan mereka di hari raya. “Saya harap upaya-upaya yang dilakukan Pemkab HSS bisa menekan inflasi,” harapnya.‎

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider