Sudah dilakukan Operasi Pasar, Harga Bawang Putih masih Mahal

oleh -186 views
Birhasani, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel.(Anas Aliando)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Harga bawang putih di Kalimantan Selatan masih mahal. Disejumlah pasar tradisional di Bumi Antasari, bawang putih dijual rata – rata Rp60 ribu per kilogram.

“Secara umum harga bawang putih masih tergolong mahal. Laporan dari Dinas Perdagangan di 13 kabupaten/kota kepada kami harga masih di kisaran Rp 60 – Rp 65 ribu per kilogram,” ujar Kepala Dinas Perdagangan (Kadisdag) Provinsi Kalsel Birhasani kepada kalselpos.com, Kamis (9/5/2019) siang.

Dijelaskannya, mahalnya harga bawang putih karena dalam beberapa waktu terakhir pemerintah tidak melakukan impor dan hanya menjual stok yang masih ada. “Karena 95 persen bawang putih itu harus impor, maka disaat stoknya menipis dan permintaan meningkat karena bulan puasa, maka harga jadi melambung,” cetusnya.

Baca Juga ==>Walikota Pantau Harga Sembako di Pasar

Birhasani berujar, untuk menekan harga bawang putih supaya tidak terus mengalami kenaikan, pihaknya melakukan operasi pasar di sejumlah titik di Kalimantan Selatan. “Ada 38 titik lokasi yang akan kami lakukan operasi pasar di 13 kabupaten/kota. Kemarin operasi pasar di Banjarbaru dan hari ini di Tapin,” urainya.

Selain minimnya stok, lanjut Birhasani, mahalnya harga bawang putih diduga adanya permainan spekulan yang menyetok salah satu jenis bumbu dapur tersebut.

“Kami mensinyalir ada spekulan yang bermain menyetok bawang putih menjelang bulan puasa. Tapi kami terus berkoordinasi dengan Satgas Pangan memantau di lapangan. Bila memang ada yang berani bermain, maka akan ditindak tegas sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku” tegasnya.

Harga bawang putih yang mahal ini tentu tidak bisa dibiarkan. Pemerintah terus berupaya menekan harga  dan kembali melakukan impor.

“Informasi terakhir yang saya terima dari pusat, pemerintah sudah mengimport bawang putih dari Cina sebanyak 115 ton. Harapan kita bawang putih yang baru datang itu bisa secepatnya masuk ke Kalimantan Selatan sehingga harga bawang putih bisa normal kembali dikisaran Rp 30 – Rp35 ribu per kilogram,” tandasnya.

Baca Juga ==>Walikota Pantau Harga Sembako di Pasar

Penulis: Anas Aliando
Editor: Aspihan Zain
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider
Facebook Comments