Ratusan Buruh Unjukrasa di depan Rumah Dinas Gubernur Kalsel

oleh -427 views
Ratusan buruh yang tergabung dalam FSPMI Kalsel menggelar aksi damai di depan rumah dinas Gubernur Kalsel di Jalan R Soeprapto.(Anas Aliando)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dalam memperingati May Day 2019 menggelar aksi damai di depan Kediaman Gubernur Kalsel, di Jalan R Soeprapto Banjarmasin, Rabu (1/5/2019) pagi.

Sebelumnya mereka berkumpul di Lapangan Kamboja dan selanjutnya dengan berjalan kaki menuju depan rumah dinas gubernur sambil membawa poster dan membentangkan spanduk. Sebagian lagi menaiki sebuah mobil bak terbuka lengkap dengan pengeras suara.

Pantauan Kalselpos.com di lapangan, aksi ini membuat beberapa ruas jalan ditutup, yaitu jalan depan kediaman gubernur atau Mahligai Pancasila, depan kantor DPRD Kalsel dan depan kantor Walikota Banjarmasin. Puluhan aparat kepolisian terlihat melakukan penjagaan di sekitar lokasi aksi.

Baca Juga ==>Buruh Bangunan Nyambi Jual Sabu

Kedatangan buruh di depan rumah dinas gubernur bermaksud mau bertemu Gubernur H Sahbirin Nor alias Paman Birin. Namun pada saat bersamaan, gubernur sedang berada di Siring 0 Kilometer menghadiri acara jalan santai bersama buruh dalam rangka memperingati May Day 2019.

Maksud kedatangan buruh  mendesak gubernur untuk merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang upah. “Menurut survei kelayakan, seharusnya upah buruh di Kalsel naik 4 persen dari upah minimum provinsi sebesar Rp2.651.181,” ujar Yoeyoen Indharto, Ketua FSPMI Kalsel dalam orasinya.

Mewakili aspirasi buruh, Yoeyoen meminta PP No 78 direvisi dengan melibatkan serikat buruh untuk tentukan Upah Minimum Provinsi (UMP).

“Kami minta UMP tidak lagi berpedoman pada inflasi dan pertumbuhan ekonomi tetapi pada perhitungan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) yang sekarang ini 64 item kita minta menjadi 84 item. Harapan kami gubernur mendengar keluhan kami,” ujarnya dengan lantang sambil berdiri diatas mobil pikap.

Usai menyampaikan ‘uneg – unegnya’, para buruh melanjutkan aksi menuju halaman kantor DPRD Kalsel di jalan Lambung Mangkurat.

Baca Juga ==>Buruh Bangunan Nyambi Jual Sabu

Penulis: Anas Aliando
Editor: Aspihan Zain
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider