Potensi Perkebunan Sayur ‘Pasir Hijau’ Menjanjikan

oleh -1.508 views

BATULICIN, Kalselpos.com – Pasir Hijau adalah nama perkebunan sayur milik masyarakat yang ditanam di atas lahan pasir, terletak di Jalan Syuhada, Desa Kampung Baru, Kecamatan Kusan Hilir.

Beragam macam jenis sayur-sayuran ditanam oleh masyarakat seperti bayam, sawi, kangkung, selada, kemangi hingga lombok yang semuanya ditanam di atas lahan pasir.

Menurut keterangan salah seorang petani, yang biasa di sebut Daeng, menjelaskan saat ini ada kurang lebih 60 keluarga yang bercocok tanam sayuran di atas lahan pasir tersebut.

Baca Juga ==>Andrean Atma Maulani SH SE, Sosok muda berpotensi Pimpin Parlemen Tanbu

Dikatakannya, mulanya sebagian besar petani tersebut adalah seorang nelayan, namun melihat potensi kebutuhan pasar akan sayuran juga sangat baik, akhirnya mereka beinisiatif menambah kegiatan untuk bercocok tanam sayuran di atas lahan pasir.

Sebelumnya lahan pasir ini hanya sebuah lahan kosong yang ditumbuhi rerumputan, namun melalui kegiatan ini akhirnya bisa disulap menjadi sebuah lahan perkebunan sayur yang kaya akan manfaat, lahan kebun ini diberi nama “Pasir Hijau” yang luasannya sudah mencapai 5 hektar lebih, ungkapnya sambil tersenyum.

Ditanya mengenai kendala penanaman serta pemasaran hasil kebun, Ia menjawab, kendala sih bukan juga, namun dalam penanaman dan pemeliharaan dibutuhkan tenaga dan biaya ekstra seperti pemupukan harus secara intensif, serta penyiraman harus dilakukan sampai 5 kali dalam sehari, karena lahan pasir cepat keringnya, jelasnya.

“Untuk pemasaran hasil kebun, sementara ini kami masih memenuhi kebutuhan lokal di Tanbu, namun kadang-kadang ada permintaan dari Kotabaru”, ujarnya.

Bupati Tanbu, H. Sudian Noor, bersama istri Hj. Sadariah, serta didampingi oleh Kadis Ketahanan Pangan Tanbu, H. Rahmat, saat berkunjung ke tempat ini beberapa waktu lalu, mengungkapkan perasaan senangnya dan merasa bangga melihat potensi perkebunan sayur yang ada di Pasir Hijau.

Baca Juga ==>Andrean Atma Maulani SH SE, Sosok muda berpotensi Pimpin Parlemen Tanbu

Dikatakannya, Kabupaten Tanah Bumbu memiliki kawasan Pasir Hijau dengan aneka tanaman sayuran yang terletak di Desa Kampung Baru, Kusan Hilir yang bisa mendongkrak perekonomian khususnya warga sekitarnya.

Dengan penanganan terpadu, kawasan ini tidak hanya akan menjadi salah satu sentra sayur di Tanah Bumbu. Namun dapat pula dijadikan destinasi agrowisata, karena belum tentu banyak daerah lain yang memiliki hal serupa, ujarnya.

“Mari kita kembangkan potensi tersebut secara bersama-sama, Ayo berkunjung ke perkebunan sayur ‘Pasir Hijau’,” ajak Bupati.

Penulis: Syahriadi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider