Plh Bupati Tapin Sidak ke Pasar Keraton

oleh -334 views
Plh Bupati Tapin H Masyraniansyah bersama TPID Kabupaten Tapin melakukan sidak operasi pasar dalam rangka memantai dan melihat harga kebutuhan pokok di Pasar jelang bulan ramadan.(Dillah)

Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Stabil

RANTAU, Kalselpos.com – Memasuki hari kedua bulan Ramadhan, Plh Bupati Tapin H Masyraniansyah bersama TPID Kabupaten Tapi melalukan operasi pasar memastikan harga kebutuhan pokok di Pasar Keraton Rantau. Selasa (7/5) kemarin.

Pantauan dilakukan dengan menemui para pedagang dan berdialog langsung seperti pedagang ayam potong, daging sapi, beras, gula dan sayur-sayuran.

Plh Bupati Tapin H Masyraniansyah mengatakan bahwa ada kenaikan harga bahan pokok tetapi tidak terlalu di signifikan seperti beras, bawang putih, dan sayuran, dari pantauan kita bersama mayoritas harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Keraton Rantau masih stabil.

Baca Juga ==>Pasar Wadai Resmi dibuka di Taman Kamboja

Pemantauan harga bahan pokok dimulai dari pedagang ayam potong yang tidak mengalami kenaikan yaitu Rp 37.000, sedangkan untuk harga daging sapi juga tidak mengalami kenaikan berkisar dari Rp 130.000, sedangkan untuk bawang putih mengalami kenaikan yaitu Rp 50.000 yang tiga hari lalu Rp 40.000. Sedangkan bawang merah mengalami penurunan harga yaitu dari Rp 40.000 kini turun menjadi Rp 30.000.

Hanya saja sayuran yakni cabe besar harganya dua kali lipat dari biasanya, karena keberadaan cabe besar tersebut tidak ada di tempat kita mendatangkan dari luar, makanya harga naik dua kali lipat, namun tidak berapa lama ketersediaan akan cabe besar nanti bisa atasi.

Untuk kenaikan sendiri menurut kami masih wajar karena barang yang mengalami kenaikan rata – rata di impor dari pulau jawa sehingga menambah biaya transportasi yang membuat kenaikan harga seperti sayuran, bawang putih.

“Jadi ada beberap harga bahan pokok mengalami kenaikan wajar naik karena ketidakadaan barangnya, tetapi tidak akan berlangsung lama, ” terangnya.

Sementara itu Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Hj Lailian Noor mengatakan bahwa setelah melakukan pemantauan harga bahan dasar pokok di Pasar Keraton kami Tim Pemandu Insflasi Daerah (TPID) akan melakukan rapat bersama untuk mengevaluasi harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan.

Baca Juga ==>Pasar Wadai Resmi dibuka di Taman Kamboja

Nantinya apabila harga bahan dasar mengalami kenaikan kami akan menggelar pasar murah untuk menstabilkan harga. “Untuk saat ini harga masih normal Sehingga tim TPID tidak akan menggelar pasar murah, ” katanya.

Setelah operasi pasar ini, jelang lebaran alan di kontrol lagi dalam upaya menjaga harga kebutuhan pokok stabil. Turut serta operasi pasar Asisiten Ekonomi dan Pembangunan H Muzakir Astam, Kepala PKAD H Samsi, Kepala Satpol PP Mahyudin, Kadiskominfo H Tamberin dan Kabah Humas dan Protokol Syafrudin.

Penulis: Dillah
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider