Perlu Peran Orangtua cegah Balap Liar

oleh -515 views

Kuala Kapuas, Kalselpos.com – Maraknya aksi kebut kebutan roda dua di jalan, terutama dijalan utama kota Kuala Kapuas, melintasi jalan A Yani dan jalan Tambun Bungai, kerap terjadi di saat waktu menjelang senja, atau saat pulang salat jumat.

Bisa juga saat malam minggu, dengan waktu yang tiada menentu. Pintarnya lagi, pelaku kebut kebutan ini, memanfaatkan kelemahan petugas, disaat petugas lagi lengah, entah siapa yang memulai, bila terdengar suara deru motor, maka langsung disusul yang lainnya.

Maka bila sudah saling sambut ini terjadi, mereka yang melakukan kebut kebutan ini, seperti tidak peduli pengendara lain.

Baca Juga ==>Peran Orangtua Sangat Penting, cegah Balap Liar

Tidak jarang diantara mereka, mengalami kecelakaan akibat dari perbuatan mereka. Seperi baru baru ini setelah shalat jumat, ada yang mengalami kecelakaan di jalan A Yani Kuala Kapuas, hingga korban harus dirujuk ke Rumah Sakit Banjarmasin akibat dari luka atau perdarahan yang dideritanya.

Menanggapi hal itu, Saat berbincang dengan Kasat Lantas Polres Kapuas, AKP Wakid, diruang kerjanya, Rabu (15/5)  menjelaskan, mereka itu sebenarnya, bukan sedang balapan, tapi disaat kebutan dijalan itu terjadi, karena ada yang memulai, terus yang lain terpancing ikut memacu motornya juga, spontan dan tidak peduli pada pengendara lain, ucap Wakid.

Mereka melakukan diwaktu petugas sedang ada kesibukan atau giat lain, umpama ada kegiatan dimana jauh dari lokasi yang sering di gunakan mereka kebut kebutan, terlihat tidak ada petugas, langsung terjadi, tambahnya lagi.

Seperti diketahui bersama, kebanyakan pelaku berusia remaja, yang tentu saat usia itu lagi senang senangnya, menunjukan kehebatan walau terkadang salah dalam penempatan. Kita berupaya mensosialisasikan tentang bahaya kebut kebutan dan dampak dari kebut kebutan itu sendiri,

” Namun  bila tidak diikuti peran orang tua dalam pengawasan anaknya yang usia remaja, atau tidak dikontrol tentu menjadi hal yang sia sia,” kata Kasat Lantas AKP Wakid.

Baca Juga ==>Peran Orangtua Sangat Penting, cegah Balap Liar

Maka dari itu, mencegah kebut kebutan dijalan bukan hanya tanggung jawab petugas, tapi tanggung jawab orang tua dan seluruh masyarakat, walaupun untuk penindakan dilakukan oleh petugas, tutup Wakid.

Penulis : Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider