Pawai Tanglong Dan Bagarakan Sahur berlangsung Meriah

oleh -527 views

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Pawai Tanglong dan Bagarakan Saur dalam rangka malam 21 Ramadhan 1440 H, yang jatuh pada Sabtu (25/5) malam, dan di gelar di depan  Rumah jabatan Bupati Kapuas Jalan Jendral Sudirman Kuala Kapuas, debagai tempat pemberangkatan, di hadiri oleh seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kapuas.

Keunikan peserta pawai tanglong dan bagarakan saur ini, menjadi tontonan menarik warga kota Kuala Kapuas yang sudah memadati jalan yang dilintasi Pawai, yaitu sepanjang jalan A Yani dan Tambun Bungai  hingga berakhir di komplek Mesjid Agung Al Mukaram.

Salah satu yang menarik perhatian adalah keunikan peserta seperti ilustrasi Setan gundul  yang dipenjara dan diberi tulisan ‘ Cuti Sebulan’ serta permainan Semburan Api dari mulut. Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT, dalam wawancara mengatakan, kegiatan tanglong dan bagarakan saur ini, semoga bisa tiap tahun kita adakan,

Baca Juga ==>Bupati HSU ikuti Pawai Ta’aruf  Ramadhan

“Karena ini mungkin termasuk satu satunya kita di kabupaten Kapuas yang terus mengadakan acara ini, belum tau ditempat lain,” ucap Ben Brahim,  “Ini merupakan budaya, perwujudan seni, dan hiburan juga yang disenangi oleh anak anak,” tambah Bupati Kapuas lagi.

Ketua DPRD Kapuas, Algrin Gasan S.Hut, menyampaikan kegiatan ini peserta yang ikut ambil bagian bukan hanya umat Islam tetapi yang lain pun ikut berpartisipasi yang berarti menggambarkan toleransi beragama, ucap Algrin Gasan.

Sementara pihak polres Kapuas yang langsung disampaikan oleh Kapolres AKBP Tejo Yuantoro, mendukung penuh kegiatan ini dengan mengerahkan personil yang menjaga Serta melakukan pengawalan dan pengarahan, terang Kapolres.

Ketua Panitia Tommy Saputra menyatakan seperti respon Bupati, acara ini terus dilaksanakan, maka kita tetap selalu mengatakannya, walau sempat terhenti di tahun kemarin,

“Karena itu peserta kali ini agak berkurang disebabkan banyak yang kurang tau pelaksanaan ada ditahun sekarang. Namun kita optimis untuk malam takbiran nanti, peseta tetap lebih banyak lagi,” jelas Tommy.

Baca Juga ==>Bupati HSU ikuti Pawai Ta’aruf  Ramadhan

“Tommy juga menambahkan karena suasana libur bagi anak sekolah juga merupakan salah satu penyebab, karena sebelumnya peserta  banyak dari kalangan anak sekolah,” jelas Tommy Saputra.

Penulis : Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider