Pasar Wadai Sarana Ekonomi Warga 

oleh -454 views
RESMIKAN-Bupati Balangan H Ansharuddin beserta istri melakukan posting pita tanda peresmian pasar ramadahan yang berlangsung di Terminal Paringin.(kurnadi)
PARINGIN, Kalselpos.com – Keberadaan pasar  wadai pada bulan ramadhan yang hanya hadir menjelang bulan puasa saja rupanaya menjadi sarana ekonomi masyarakat.
Hal ini banyaknya para penjual kue (wadai ) khas daerah maupun ada sebagian yang berjualan sayur mayur dan masakan khas daerah dan bermacam – macam ikan baik ikan laut  seperti undang, kepiting , rajungan dan ikan laut lainnya adanya ikan sungai seperti gabus ( red haruan bahasa Banjar ) papiyu, yang semua siap saji.
Sehubungan dengan pasar wadai ini Bupati Balangan belum lama  ini membuka secara resmi pasar Ramadhan atau kalau istilah bahsa Banjar pasar wadai.
Selain itu ada 2 (dua ) pasar wadai lainnya yang mendapatkan fasilitas dari Dinas Pariwisata Balangan yaitu pasar wadai Halong dan Batu Mandi.
Kepala Dinas Pariwisata Kabuapaten Balangan H.Rody Rahmadi Noor mengatakan, untuk pasar wadai  yang digelar di Terminal Paringin ini dapat menapung 108 pedagang  semua fasiltas yang kami sediakan digratiskan.
Disampaikanya,namun demikain pihaknya hanya meminta kepada para pedagang ini untuk selalu menjaga kebersihan , dengan arti selesai berdagang dapat membersihakn sisa sampah yang berada disekitar  area pasar wadai.
Bupati Balangan H. Ansharuddin  dalam sambutannya  mengatakan bahwa keberadaan pasar ramadhan atau pasar wadai ini merupakan tradisi yang setiap tahun selalu menyajikan menu kuliner yang berciri khas.
Diutarakannya, bukan saja dapat memenuhi kebutuhan akan kuliner yang diperuntukan untuk berbuka puasa dan sahur , namun dapat meningkatkan kecintaan kita terhadap kuliner khas daerah Kabupaten Balangan.
“Kerena di pasar wadai ini lah kita dapat membeli kue – kue maupun masakan daerah khas Balangan pada hari biasa selain Bulan puasa kita tidak akan menemukan nya,” paparnya.
Lebih lanjut H. Ansharuddin menambahkan mari kita bersama – sama mencintai dan menyukai kuliner khas Balangan sebagai  sarana kita untuk melestarikannya.
 Pasar ramadhan atau pasar wadai ini sebagai benruk kepedulain Pemerintah Kabupaten Balangan  khususnya bagi ummat muslim dalam rangka menyiapkan menu untuk berbuka puasa.
“Kami juga telah menyiapkan tempat bagi pedagang pelaku usaha kecil  untuk berjualan di lokasi terminal paringin ini ,walaupun tidk semua nya dapat terakomodir  hal ini keterbatasan tempat. Mari kita semarakan Bulan puasa ini dengan menikmati hidangan khas Balangan”ujarnya.

Penulis: Kurnadi
Editor: Wandi
Penanggung Jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider