Pasar Ramadhan tingkatkan Kecintaan Kuliner Khas Daerah

AMUNTAI, Kalselpos.com – Pasar Ramadhan Kota Amuntai diresmikan oleh pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU)

Persemian dihadiri Bupati HSU H Abdul Wahid HK serta Ketua TP PKK HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid di Jalan Basuki Rahmat Amuntai, samping Taman Putri Junjung Buih, baru-baru tadi.

Wahid mengajak warga untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan yang penuh berkah, rahmat, dan ampunan dengan mepersiapkan diri sebaik-baiknya.

“Marilah kita saling maaf-memaafkan untuk mebersihkan jiwa kita dari segala dosa dan kesalahan, serta saling menjaga kerukunan dan tali silaturahmi agar daerah kita tetap dalam situasi dan kondisi yang aman dan kondusif, sehingga kita bisa melaksanakan ibadah dengan penuh ketenangan dan kekhusuyukan,” ujar Wahid.

Wahid   menyambut baik kegiatan Pasar Ramadhan yang merupakan agenda rutin dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Pasar Ramadhan ini merupakan tradisi yang sangat positif, di samping untuk memenuhi keperluan kaum muslimin dalam menyediakan menu berbuka puasa.

Bacaan Lainnya

“Berbagai macam produk-produk yang diperdagangkan kiranya juga dapat meningkatkan kecintaan kita terhadap kuliner, khususnya kuliner khas HSU,” imbuhnya.

Wahid menegaskan, pemerintah daerah akan selalu berusaha dan berupaya untuk meningkatkan penyelenggaran kegiatan Pasar Ramadhan ini setiap tahunnya. Pasar ramadhan sebagai bentuk kepedulian pemerintah bagi umat muslim dalam hal menyiapkan menu berbuka puasa, termasuk juga mengakomodasi para pedagang khususnya para pelaku UKM.

“Kepada para pedagang saya berharap agar tetap menjaga kebersihan di lingkungan Pasar Ramadhan ini. Dan yang lebih penting saya minta kepada para pedagang agar tetap mematuhi aturan jam buka yang sudah diatur oleh pemerintah daerah,” pesannya.

Bupati Wahid juga mengajak masyarakat untuk memuliakan dan memakmurkan masjid dan mushala dengan berbuka puasa bersama, menjalankan ibadah tarawih, serta tadarus Al-Quran. “Marilah kita luruskan dan kuatkan niat untuk memanfaatkan bulan Ramadhan tahun ini jauh lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop dan UKM HSU,  H. Akhmad Redhani Effendi mengungkapkan, di samping menyediakan sebanyak 45 lapak untuk pedagang di Pasar Ramadhan, pihaknya juga menyediakan lokasi yang aman dan nyaman untuk lokasi parkir gratis bagi pengunjung, baik pengunjung yang datang dari Amuntai maupun luar Amuntai. Selain itu, Dinas Perhubungan juga turut membantu untuk pengamanan jalur. Untuk mulainya berjualan telah ditetapkan daripukul 14.00 WITA sampai menjelang berbuka puasa.

“Diharapkan para pedagang dapat mematuhi peraturan yang telah ditetapkan,” pungkasnya.

Penulis : Adiyat/Diskominfo
Editor : A.Syaufi
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=5]

Pos terkait