Pasar Penyeimbang TPID, Antisipasi lonjakan Harga

oleh -388 views

Senin, 20 Mei 2019

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Bukan hanya gas elpiji yang terkena Implasi atau kenaikan harga dan susahnya ketersediaan barang, tetapi semua komoditi yang dibutuhkan konsumen juga terdampak. Untuk itu dalam rangka bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H serta mengatasi gejolak lainnya.

Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kapuas mengadakan rapat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Kapuas, Senin (20/05) pagi.

TPID yang terdiri dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas, Dinas Perindagkop dan umkm, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, Dinas Kominfo, Dinas PUPRPKP  dan Badan Urusan Logistik (Bulog) wilayah I Kabupaten Kapuas serta Sekretariat Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam, masing-masing melaporkan kesiapannya mengantisipasi inflasi.

Baca Juga ==>TPID segera Gelar Bazar Gas Melon

Sebelumnya Dinas Perindagkop telah melakukan pengawasan barang beredar (bahan makanan) dibeberapa lokasi di Kota Kuala Kapuas yang dilaksanakan secara gabungan yang melibatkan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palangka Raya, Polres Kapuas, Dinas Kesehatan, Bappeda, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Kecamatan Selat, Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas H Masrani selaku pemimpin rapat menyampaikan diadakannya Pasar Penyeimbang sebagai solusi agar tidak melonjaknya harga barang-barang pokok terkait menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

“ Adanya antisipasi Pasar Penyeimbang sebagai upaya untuk menyeimbangkan harga-harga bahan pokok yang mengalami kenaikan,” jelasnya.

Lebih lanjut dia berharap kepada dinas-dinas terkait untuk terus melakukan razia pasar dan memberikan informasi  pasar kepada masyarakat sehingga harga-harga bahan pokok di pasar  tidak mengalami kenaikan yang signifikan dan  masyarakat lebih mengetahui informasi ketersediaan pangan yang tersedia di pasar.

Sementara itu Kepala Disperindagkop H Suparman menerangkan dilaksanakannya razia pasar sebagai antisipasi kenaikan harga bahan-bahan pokok. Dia Juga menjelaskan untuk sekarang belum ada kenaikan harga barang yang signifikan di lokasi pasar Kabupaten Kapuas.

Perwakilan Dinas pertanian melaporkan untuk stok beras dilokasi masih cukup tersedia tergantung permintaan konsumen dan berharap dengan adanya pasar penyeimbang dapat menaikkan pendapatan petani lokal.

Baca Juga ==>TPID segera Gelar Bazar Gas Melon

Suwarno Muriyat menyampaikan terkait adanya kegiatan pasar penyeimbang, Dinas Kominfo Kapuas siap mensosialisasikan informasi terkait pasar penyeimbang melalui media cetak, online, radio maupun video tron milik Pemerintah Kabupaten Kapuas sehingga masyarakat tahu mengenai kegiatan tersebut dan berharap kepada OPD terkait untuk memberikan data-data terkait ketersediaan bahan pangan.

Penulis : Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider