Operasi Ketupat, Sopir Penumpang di Tes Urine

  • Whatsapp

RANTAU, Kalselpos.com – Satu persatu sopir angkutan penumpang diturunkan untuk diperiksa urine dan kelengkapan surat menyurat kendaraan di Terminal AKAP Rantau. Rabu (29/5) kemarin sore.

Pemeriksaan dilakukan berkaitan dengan giat operasi ketupat intan 2019 bersama tim gabungan terdiri dari Satres Narkoba Polres Tapin, Sat Lantas Polres Tapin, Urkes Polres Tapin dan Dinas Perhubungan Kabupaten Tapin.

Muat Lebih

Para sopir langsung didata identitas dirinya dicatat dan air seninya diperiksa untuk diketahui apakah yang bersangkutan terindikasi menggunakan narkoba atau tidak, usai di tes urin.

Baca Juga ==>Kapolres Tanbu Pimpin Apel Gelar Pasukan Ketupat Intan 2019

Pihak satuan lalu lintas polres tapin mencek kelengkapan surat menyurat dan laik jalan sementara pihak dinas perhubungan melakukan pengecekan langaung surat KIR dan kelengkapan kendaraan seperti sabuk pengaman, pengganjal dan lainnya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tapin AKP Winda Adhiningrum mengatakan, kegiatan yang dilakukan adalah berkaitan dengan operasi ketupat intan 2019 untuk memberikan keselamatan dan keamanan para pemudik yang berlebaran dikampung halaman.

“Kegiatan ini kita bersinergi antara satuan lantas dengan satuan narkoba polres tapin dan Dinas Perhubungan dalam melakukan pemgecekan terhadap sopir dan kendarannya, ” terangnya.

Jadi kita lakukan untuk tes urin sopirnya dan mengecek kondisi kendaraan surat. “Ketidaklengkaapan surat menyurat kita berikan tindakan kalau berat maka akan dilakukan penilangan sesuai dengan aturan yang berlaku, “jelasnya.

Sementara Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Tapin H Daman mengatakan, apa yang kita lakukan melaksanakan seperti cek fisik kendaraan, jumlah penumpang dan surat KIR, pengganjal, kotak P3K, pemecah kaca penumpang sabuk pengaman.

Baca Juga ==>Kapolres Tanbu Pimpin Apel Gelar Pasukan Ketupat Intan 2019

“Kelengkapan dari kendaraan yang tidak lengkap atau tidak berfungsi agar diperbaiki dengan segera, ” ujarnya. Namun dari kendaraan yang diperiksa semuanya lengkap aman dan laik untuk dijalankan.

Di sisi yang sama Kasat Narkoba AKP Nurhidayat mengataka tujuan tes urine terhadap sopir angkutan penumpang, agar para sopir penumpang tidak terindikasi narkoba, karena kalau ada yang mengkonsumsi narkoba tentunya akan membahayakan para penumpang.

Dalam tes urine yang kita lakukan tidak ditemukan indikasi para sopir menggunakan narkoba. Operasi ketupat intan juga dilakukan pembagian takjil kepada para penumpang yang mudik lebaran.

Penulis: Dillah
Editor:Wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=5]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.