Muspika Jejangkit gelar Apel Kesiapsiagaan Karhutla

oleh -615 views

MARABAHAN, kalselpos.com – Apel Kesiapsiagaan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tingkat Kecamatan Jejangkit tahun 2019 dengan tema “Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana.

Kegiatan apel kesiapsiagaan tersebut bersama perusahaan kebun kelapa sawit di wilayah Desa Jejangkit Timur yang diikuti oleh karyawan PT Palmina Utama berjumlah 45 orang dan PT PBB berjumlah 21 orang dan unsur Muspika Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Pada apel kesiapsiagaan Karhutla tersebut, Camat Jejangkit, M Mujiburrahman SSTP MSi mengungkapkan, kesiapsiagaan Karhutla berdasarkan instruksi Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor.

Baca Juga ==>Polres Tapin Apel Bersama Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla

“Kami selaku Camat Jejangkit, Kapolsek, Danramil dikumpulkan di provinsi Kalsel, di instruksikan seluruh jajaran wajib melakukan kerja sama dengan semua pihak yang ada di wilayah masing – masing untuk melaksanakan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam, diantaranya Karhutla,”ujarnya.

Oleh karena itu, ucap Mujib sapaan akrab Camat Jejangkit, pihaknya bersama unsur Muspika Kecamatan Jejangkit melaksanakan apel kesiapsiagaan bersama dengan para pimpinan perusahaan kebun kelapa sawit, yaitu karyawan PT Palmina Utama dan PT PBB.

“Alhamdulilah, kami melaksanakan apel kesiapsiagaan untuk mengantisipasi Karhutla bersama Para pimpinan dan karyawan PT Palmina Utama dan PT PBB,” katanya.

Dalam hal ini, ucap Mujib, dengan adanya kerjasama dengan pihak ketiga, tentunya dalam menghadapi bencana Karhutla yang ada di Kecamatan Jejangkit dapat di minimalisir bersama.

“Kami berharap, dengan adanya kerjasama ini, masyarakat setempat juga turut ambil bagian dalam program ini, sehingga Karhutla tahun 2019 ini dapat diminimalisir,” harap Camat Jejangkit.

Baca Juga ==>Polres Tapin Apel Bersama Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla

Dalam penanggulangan Karhutla, dijelaskan mantan Camat Bakumpai itu, akan dibagi menjadi dua zona, yakni zona satu kesiapsiagaan di Desa Cahaya Baru, Desa Bahandang, Desa Sampurna dan Desa Jejangkit Muara. Sedangkan zona dua, lanjutnya, yakni di wilayah Desa Jejangkit Pasar, Desa Jejangkit Barat dan Desa Jejangkit Timur.

“Untuk zona satu diperkuat oleh Desa Sampurna, karena mereka dapat pelatihan khusus, tentunya akan di bantu oleh pihak perusahaan PT Palmina Utama dan PT PBB,” paparnya.

Pada apel kesiapsiagaan penanggulangan Karhutla 2019, General Manager (GM) PT Palmina Utama, Labora melalui Humas, Suwandi mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan yang matang. Terutama kesiapan anggota, yakni masing- masing estate sudah di bentuk dan masing- masing divisi sudah membentuk tim tersendiri.

“Kami membentuk tim tersendiri, masing- masing divisi berjumlah sekitar 10 orang yang akan mengcover sekitar 400 hektar,” ungkapnya. Selain itu, dia menjelaskan, setiap divisi sudah mempersiapkan menara pantau untuk memantau titik api secara dini tentang kondisi sekitar.

Tidak hanya itu, sambungnya, pihak perusahaan juga sudah mempersiapkan kolam air, sehingga ketika terjadi kebakaran hutan dan dan lahan tidak kesulitan untuk memadamkan, selain itu, juga mempersiapkan mesin penyemprotan yang berjumlah sekitar 60 unit yang siap eksen.

Baca Juga ==>Polres Tapin Apel Bersama Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla

Karena menurut Humas PT Palmina itu, apabila sewaktu- waktu terjadi, maka lingkungan masyarakat sekitar dan unsur Muspika tidak kesulitan lagi, karena pihak perusahaan sudah mempersiapkan.

“Mudah-mudahan di tahun 2019 ini tidak terjadi bencana seperti Kebakaran Hutan dan Lahan lagi, jika seandainya terjadi juga pihaknya sudah siap mengantisipasi,” ucap Labora selaku GM PT Palmina Utama kepada kalselpos.com melalui Suwandi sebagai Askep Corporate Affair dan Humas PT Palmina Utama, Kamis (02/05) pada saat apel kesiapsiagaan Karhutla yang berlangsung di Desa Jejangkit Timur.

Penulis : Muliadi
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider