Kadishut Kunjungi Desa Penghasil Sereh Wangi

MARTAPURA, Kalselpos.com – Desa Hakim Makmur Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Banjar adalah penghasil sereh wangi dan berada diwilayah kerja KPH Kayutangi. Desa tersebut mendapat kunjungan dari Kadishut Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq bersama Kabid PDASRHL Fathimatuzzahra, Kabid PMPPS I Gede Arya, dan Kepala BPTH Ainun Jarriyah yang didampingi langsung Kepala KPH Kayu Tangi selaku pemangku kawasan, Kamis (9/05/2019).

Kunjungan terkait ‘make sure’ Kadishut akan desa penghasil sereh wangi di wilayah tersebut yang nantinya dibuatkan nota kesepahaman dan penandatangannya dilaksanakan pada saat acara Kick off pengembangan usaha HHBK dan Jaslingnya berbasis masyarakat menuju revolusi industri 4.0 di Jakarta dengan disaksikan langsung Menteri LHK Siti Nurbaya.

Bacaan Lainnya

“Tumbuhan sudah ada, alat untuk penyulingan juga sudah tersedia, tinggal masyarakatnya yang terus dimonitor, dimotivasi serta dibina oleh Pemprov,” ujarnya Hanif  saat sosialisasi di balai desa bersama dengan pembakal dan masyarakat setempat.

Hanif mengharapkan, sereh wangi ini harus menjadi produk unggulan di Desa Hakim Makmur terkait gerakan revolusi hijau. Hal senada juga disampaikan oleh Kabid PDASRHL Fathimatuzzahra yang menyatakan, revolusi hijau di dalam masyarakat hutan menjadi nilai produksi tersendiri dengan kata lain mampu memberikan manfaat secara langsung ke masyarakatnya.

Akhir dari rangkaian kunjungan di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, Hanif berharap, pemprov Kalsel melalui Dinas Kehutanan hanya meminta kelestarian hutan serta vegetasi di dalamnya dan pengelolaan oleh masyarakat, sebab nantinya masyarakat jua lah yang akan menuai hasil panen pengelolaan tanaman tersebut. “Ayo bangun hutan kita, bersama pemerintah dan masyarakat,” tandasnya.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Aspihan Zain
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=5]

Pos terkait