Jangan Panik Menyikapi Penyakit Cacar Monyet

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Pada 8 Mei 2019 lalu pemerintah Singapura menemukan warganya positif mengidap penyakit cacar monyet atau monkeypox. Penyakit tersebut akhir akhir ini sempat viral dan membuat orang orang resah terhadap penyakit langka tersebut.

Virus ini pun juga mengancam warga Indonesia terutama masyarakat yang tinggal diwilayah berbatasan dengan Singapura yaitu di Batam, Kepualauan Riau.

Bacaan Lainnya

Meski belum ada laporan penyakit monkeypox alias cacar monyet masuk di Indonesia, daerah-daerah tetap meningkatkan kewaspadaan guna mencegah agar penyakit yang mewabah di Singapura tersebut tidak meluas di Indonesia.

Baca Juga ==>Mulawarman Peduli, Koramil 1010 – 01 Bungur bantu Pasien Penyakit Jantung

Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin Dr Machli Riyadi mengatakan bahwa sampai sejauh ini belum ada laporan terkait penyakit langka yang sempat viral ini di wilayah Banjarmasin.

“Untuk di Banjarmasin sendiri sampai sekarang belum ada temuan atau laporan mengenai adanya cacar monyet atau monkeypox,” Tutur Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (18/5).

Machli Riyadi mengimbau masyarakat tidak perlu panik dengan penyakit ini karena penularannya dari gigitan monyet dan binatang pengerat lainnya seperti tikus atau tupai dan untuk penularannya antar manusia tergolong jarang, tapi untuk mencegahnya masyarakat tetap perlu menerapkan gaya hidup sehat dan bersih.

“Waspada boleh, Namun Masyarakat tidak perlu panik dengan kejadian ini, karena penularan melalui gigitan hewan pengerat,” Terangnya. “tapi tetap harus menerapkan gaya hidup sehat dan selalu pastikan lingkungan bersih untuk mencegah dari penyakit tersebut,” Tambahnya.

Dinas Kesehatan Banjarmasin sendiri sudah melakukan upaya upaya kewaspadaan dini kepada masyarakat untuk mengantisipasi kejadian ini. “Sudah ada upaya kewaspadaan dini yang Dinas Kesehatan Banjarmasin lakukan yakni memberikan Informasi kepada masyarakat melalui puskesmas dan kelurahan serta RT, ” Ucapnya.

Baca Juga ==>Mulawarman Peduli, Koramil 1010 – 01 Bungur bantu Pasien Penyakit Jantung

Gejala dari penyakit ini sendiri hampir mirip dengan cacar pada umumnya, yakni akan mengalami sakit kepala hebat, pembengkakan kelenjar getah bening, demam dan nyeri otot.

Ia mengingatkan jika masyarakat mengalami gejala penyakit tersebut untuk secepatnya memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat sehingga jika memang terkena cacar monyet dapat segera ditangani.

Penulis: Krisna
Editor: Wandi
Penanggung Jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=5]

Pos terkait