HMI Gelar Aksi Solidaritas atas Korban Pahlawan Pemilu

oleh -568 views

KOTABARU, Kalselpos.com – Perhelatan akbar pesta demokrasi 2019 telah usai dilaksanakan, yang tentunya menjadi harapan bersama selama prosesnya baik sebelum dan pasca pemilihan berjalan dengan damai serta kondusif.

Namun, ada hal yang menarik perhatian besar atas meninggalkan ratusan para “Pahlawan Pemilu” yang telah mendedikasikan kinerjanya dengan baik untuk menciptakan suasana yang kondusif selama proses berjalannya pemilihan.

Berkenaan dengan itu, tadi pagi (21/05), sekitar pukul 09.00 wita bergerak dari asrama mahasiswa yang ada di jalan Desa Mandin Kecamatan Pulau Laut Utara, puluhan orang yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisyariat Kabupaten Kotabaru menggelar aksi damai di depan kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kotabaru, juga dengan menggelar aksi teatrikal yang di awali dengan membawa keranda, nisan dan tabur bunga untuk belasungkawa atas kejadian tersebut.

Baca Juga ==>Kapolda beri Penghargaan kepada Anggota yang Gugur saat Bertugas di Pemilu

Aksi mahasiswa tersebut bertujuan selain memperingati 21 tahun masa perjuangan reformasi di Indonesia juga sebagai bentuk solidaritas atas banyaknya korban yang meninggal dunia para pejuang-pejuang Pemilihan Umum (Pemilu) yang beberapa waktu lalu diselenggarakan, baik untuk memilih para wakil rakyat mulai tingkat daerah hingga ke pusat, juga DPD RI sampai ke pemilihan calon pemimpin negara.

Wahid Hasyim selaku koordinator aksi damai, di hadapan kantor KPUD Kotabaru dengan suara lantang mengatakan bahwa, kegiatan yang digelar merupakan bentuk solidaritas atas banyaknya petugas Pemilu yang meninggal dunia.

“Ini adalah wujud kepedulian dan solidaritas kami melihat kondisi yang sekarang, mengingat banyaknya pahlawan Pemilu yang meninggal dunia, dan kami dari HMI Kotabaru menyampaikan belasungkawa atas peristiwa itu,” tuturnya di hadapan Ketua KPU Kotabaru.

Dikatakannya lebih jauh, dengan pernyataan sikap yang di lontarkan menjadi harapannya agar permasalahan tersebut bisa di usut dengan baik, mengingat tidak sedikit petugas Pemilu yang meninggal dunia.

“Kami berharap ini bisa di usut tuntas, dan ada semacam pembentukan tim investigasi independent atau tim pencari fakta dari KPU untuk bisa mengusutnya dengan tuntas. Sekali lagi kami sampaikan, ini adalah aksi damai, dan khususnya kepada pihak KPU agar bisa mengusut tuntas peristiwa yang banyak memakan korban ini agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali pada Pemilu yang akan datang,” tambah Wahid berharap.

Baca Juga ==>Kapolda beri Penghargaan kepada Anggota yang Gugur saat Bertugas di Pemilu

Sementara, Ketua KPUD Kabupaten Kotabaru, Zainal Abidin mengatakan, terkait dengan aksi dari HMI Kotabaru tersebut menurutnya adalah hal yang wajar karena setiap warga negara di republik ini memiliki hak untuk menyampaikan aspirasinya.

“Itu adalah hak masing-masing warga negara dalam menyampaikan aspirasi,” tutur Zainal. Namun yang pasti, katanya melanjutkan, pihaknya sudah berupaya menegakkan azaz-azaz penyelenggaraan Pemilu yang dari sekian banyaknya adalah menjaga netralitas.

“Media massa, mahasiswa, masyarakat bahkan peserta Pemilu dan Bawaslu selalu melaksanakan tugasnya dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja yang kami lakukan,” jelasnya kemudian.

Ditambahkan oleh Komisioner KPUD yang lain, Dodi Rusmana menyampaikan, ada beberapa point yang disampaikan peserta aksi seperti halnya, meminta kepada jajaran KPU untuk membentuk tim pencari fakta atas tragedi penyelenggara Pemilu yang meninggal dunia dan lain sebagainya.

“Selain itu, peserta aksi juga menyampaikan bahwa dalam proses seleksi petugas KPPS, dan sebagainya yang berkaitan dengan hal itu harus benar-benar independent dan bebas intimidasi atau pengaruh dari siapapun. Intinya, mereka datang karena rasa simpatik dan prihatin karena banyaknya petugas Pemilu yang meninggal dunia tersebut,” pungkasnya.

Baca Juga ==>Kapolda beri Penghargaan kepada Anggota yang Gugur saat Bertugas di Pemilu

Penulis:uzi
Editor:Wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider