H. Ready Kambo Hadiri Rakor Pengendalian Karhutla Tingkat Provinsi

BATULICIN, Kalselpos.com – Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) pengendalian kebakaran hutan dan lahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel), Selasa (7/5) di Banjarbaru.

Selain menghadirkan Forkopimda Prov Kalsel dan instansi terkait, rakor juga mengundang para kepala daerah, kapolres, dandim dan kepala BPBD dari kabupaten/kota se kalsel.

Bacaan Lainnya

Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, dalam sambutanya yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan, Siswansyah, mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan, terutama tamu dari kementerian lembaga yang datang.

Baca Juga ==>Muspika Jejangkit gelar Apel Kesiapsiagaan Karhutla

“Kegiatan ini menunjukkan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam upaya melakukan pengendalian karhutla. Rakor ini juga dalam rangka memantapkan langkah yang terarah dan sistematis dalam pengendalian karhutla di Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Wakil Bupati Tanbu, H. Ready Kambo, yang hadir bersama Kalak BPBD Tanbu, Polres Tanbu dan Kodim 1022/TNB dalam kesempatan itu mengingatkan semua elemen baik pemerintah maupun masyarakat tentang betapa penting upaya pencegahan terjadinya karhutla.

“Tanah Bumbu memiliki wilayah yang sangat luas, apabila memasuki musim kering, maka potensi kebakaran lahan dan hutan pun meningkat. Karenanya dihimbau kepada seluruh lapisan agar tidak membakar lahan maupun hutan,” sebutnya.

H. Ready Kambo,mengatakan, pemerintah daerah terus melakukan koordinasi lintas sektoral kepada seluruh pihak terkait dalam upaya agar tidak terjadi titik-titik api di wilayah Tanah Bumbu.

Beberapa waktu lalu Pemkab Tanbu telah melaksanakan apel siaga bencana. Hal ini membuktikan, bahwa unsur terkait penanggulangan bencana selalu siap kapanpun diperlukan, termasuk apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, tandasnya.

Baca Juga ==>Muspika Jejangkit gelar Apel Kesiapsiagaan Karhutla

Dalam rakor tersebut dilakukan pemaparan oleh narasumber dari Kemenkopolhukam, Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, BNPB, serta Kepala BMKG Kalsel.

Penulis: Syahriadi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=5]

Pos terkait