Geopark Meratus dipromosikan ke Eropa

oleh -247 views
Dahnial Kifli, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel.(Anas Aliando)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Sejalan program nasional, sektor pariwisata terus digenjot. Tidak terkecuali di Kalimantan Selatan, promosi kini semakin gencar dilakukan. Salahsatu adalah obyek wisata pegunungan Meratus yang telah ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional.

“Seiring ditetapkannya Pegunungan Meratus sebagai kawasan Geopark Nasional, kami terus melakukan promosi terutama ke negara Eropa untuk mendorong pengembangan industri pariwisata di daerah sejalan program nasional,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel Dahnial Kifli kepada kalselpos.com, Selasa (7/05/2019) siang.

Disampaikannya, pegunungan Meratus dipasarkan karena diyakini akan menarik minat wisatawan di negara – negara Eropa karena mempunyai keindahan alam berupa hutan, sungai dan goa yang indah dan masih perawan.

Baca Juga ==>Dewan minta Tingkatkan Promosi Wisata Daerah

Dahnial berujar, ditetapkannya pegunungan Meratus sebagai Geopark Nasional berperan besar mendorong pengembangan pariwisata di Bumi Lambung Mangkurat karena geopark Meratus meliputi 36 geosite yang tersebar di 10 kabupaten/kota terbanyak berada di kawasan pegunungan Meratus Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah.

“Geosite yang ditetapkan berupa hutan, goa, air terjun, danau, perbukitan, pegunungan karst, lembah dan sebagainya. Termasuk kawasan pendulangan intan Cempaka Kota Banjarbaru,” paparnya.

Diutarakannya, pariwisata Kalsel secara umum masih jauh tertinggal dibanding dengan daerah lain seperti  Jogjakarta, Lombok, Bali dan Manado. “Infrastruktur di daerah belum semuanya bagus atau memadai. Apalagi saat ini harga tiket masih mahal tentu memberikan pengaruh yang signifikan bagi kunjungan wisatawan,” cetusnya.

Pria yang akrab dipanggil Datu Aling ini memaparkan, Jumlah kunjungan wisatawan domestik sepanjang 2018 sebanyak 780 ribu orang dan wisatawan mancanegara sekitar 10 ribu orang.

“Pada 2019, kami menargetkan ada peningkatan jumlah wisatawan domestik menjadi satu juta orang. Kami juga terus mendorong wisatawan lokal Kalsel guna menjaga eksistensi UMKM masyarakat sekitar objek wisata,” pungkasnya.

Baca Juga ==>Dewan minta Tingkatkan Promosi Wisata Daerah

Penulis: Anas Aliando
Editor: Aspihan Zain
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider