DLH Sosialisasikan Proklim di Balangan

Sosialisasi Program Kampung Iklim 2019 di Kabul Balangan, di SKB Paringin (2/5/2019)

PARINGIN, Kalselpos.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Balangan menggelar sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) 2019 di Kabupaten Balangan, Kamis 2/5/2019)

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung SKB Jalan Ahmad Yani Paringin ini dihadiri aparatur desa dan kelurahan di dua kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan yaitu Kecamatan Paringin dan Awayan, Dinas Ketahanan Pangan dan Hultikulura, Dinas Perikanan, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Kelompok Usaha Tani dan Persatuan Wanita Kelompok Tani Kabupaten Balangan.

Bacaan Lainnya

Narasumber pada kegiatan ini adalah Gusti Hidayat dan M.Khairullah dari Bidang Tata Lingkungan DLH Provinsi Kalimantan Selatan dan Suwandi dari Desa Kambitin Raya yang telah menerapkan Program Kampung Iklim di desanya.

Baca Juga ==>DLH Kalsel gelar Bimtek Limbah B3

Selaku narasumber, Gusti Hidayat menyampaikan, program kampung Iklim ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam upaya adaptasi dan mitigasi (pencegahan) dampak buruk perubahan iklim seperti terjadinya pemanasan global (global warming).

Gusti juga menekankan program Kampung iklim bukan bersifat lomba. “Kegiatan ini sifatnya bukan seperti lomba, namun tetap ada penilaian, diharapkan program ini terus menerus dilakukan,” harapnya.

Sementara M.Khairullah menjelaskan, hal-hal teknis yang berkaitan dengan ProKlim seperti diantaranya, bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui Proklim ini. “Kita menggali potensi apa yang ada di sekitar kita dan kita kembangkan hingga bisa menjadikan penghasilan bagi masyarakatnya,” jelas Khairullah.

Salah satu narasumber lainnya,Suwandi, yang telah menerapkan Proklim di Desa Kambitin Raya Tabalong,mengatakan pihaknya siap membantu untuk memberikan arahan terkait penerimaan Proklim.

“Kami siap membantu untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada desa yang akan membentuk Kampung Iklim,” ungkapnya. Saat ini, di Kabupaten Balangan,baru dua desa yang menerapkan Kampung Iklim yaitu Desa Bihara dan Desa Paringin Timur.

Baca Juga ==>DLH Kalsel gelar Bimtek Limbah B3

Desa Bihara yang merupakan Desa binaan Kampung Astra dari Perusahaan PAMA ini, masyarakatnya sekarang dikenal penghasil gula semut skala rumahtangga.

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=5]

Pos terkait