DLH Kalsel Targetkan 150 Sumur Bor untuk Restorasi Lahan Gambut

oleh -270 views
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan saat membuka Rapat Koordinasi Pelaksanaan Restorasi Gambut (Ahmad Fauzie)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Sebagai Upaya pencegahan terbakarnya lahan dan hutan khususnya lahan bergambut di wilayah Kalimantan Selatan di saat kemarau, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan dan Badan Restorasi Gambut Daerah Kalimantan Selatan, para Akademisi ULM serta beberapa unsur terkait kembali menargetkan pembuatan sekat kanal dan sumur bor dibeberapa titik di Wilayah Kalimantan Selatan.

Langkah ini diawali dengan dilaksanakannya Rapat Koordinasi Restorasi Gambut yang dilaksanakan di Hotel Rattan In Banjarmasin pada 17-18 Mei 2019.

Kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Restorasi Gambut yang bertujuan untuk kesepakatan semua pihak yang terkait dan sekaligus menepis anggapan yang selama ini dianggap kurangnya koordinasi dan sosialisasi ini, turut dihadiri para akademisi Universitas Lambung Mangkurat.

Baca Juga ==>DLH Tanbu Apresiasi PT. TIA dan Warga Sebamban Baru Yang Peduli Sampah

Pada rapat itu dijelaskan proyek sebelumnya di tahun 2018 kegiatan Restorasi Gambut melalui Tugas Pembantuan Restorasi Gambut (TPRG) Provinsi Kalimantan Selatan telah dilaksanakan pembangunan Infrastruktur Pembasahan Gambut pada 3 (Tiga) Kesatuan Hidrolgis Gambut (KHG), yaitu pembangunan Sumur Bor dengan total (354 unit) yang berada di KHG Sungai Utar Sungai Serapat, KHG Sungai Balangan Sungai Batang Alai dan Pembangunan Sekat Kanal (65 Unit) yang tersebar di KHG Sungai Balangan Sungai Batang Alai.

Demplot Revegetasi Lahan Bekas Terbakar seluas 42 Hektar dan Revitalisasi Sosial Ekonomi Masyarakat sebanyak 10 paket kegiatan. Pada Tahun 2019, telah ditetapkan target restorasi yang dilaksanakan TPRG Provinsi Kalimantan Selatan 3.948 hektar dengan pagu sebesar Rp 8.152.475.000,- .

Mengingat prioritas kegiatan pada jenis dan lokasi kegiatan dengan dampak pembasahan yang lebih luas. Untuk Tahun 2019 Target pembangunan Sumur Bor sebanyak 150 Unit, Sekat Kanal sebanyak 58 Unit dan Revitalisasi sebanyak 4 Paket.

Karenanya ketepatan rencana pelaksanaan kegiatan restorasi gambut Tahun 2019 di Kalimantan Selatan menjadi sangat penting, yang ditopang pola kerja antar Tugas Pembantuan Restorasi Gambut Provinsi Kalimantan Selatan, TRGD Kalsel, Akademisi serta masyarakat yang singkron dan terkoordinasi dengan baik.

Dalam pelaksanaan kegiatan restorasi gambut yang dilakukan selama ini, masih menemui banyak kendala dan permasalahan, sehubungan dengan itu maka diharapkan diperoleh solusi yang efektif terhadap permasalahan yang ada, yang pada akhirnya tujuan dan target pelaksanaan restorasi gambut dapat dicapai.

Baca Juga ==>DLH Tanbu Apresiasi PT. TIA dan Warga Sebamban Baru Yang Peduli Sampah

Demi tercapainya target Restorasi Gambut maka Rapat Koordinasi Pelaksanaan Restorasi Gambut Tahun 2019 Provinsi Kalimantan Selatan sangatlah penting dan strategis.

Rapat Koordinasi ini akan menjadi sarana untuk meningkatkan ketepatan rencana kegiatan dan memperkuat singkronisasi kerja antar Tugas Pembantuan Restorasi Gambut Prov. Kalsel, TRGD Kalsel, Akademisi serta Masyarakat. Pada prinsip nya Rapat Koordinasi ini akan menjadi sarana untuk merancang strategi aksi dalam rangka pencapaian Restorasi Gambut di Kalimantan Selatan.

“Saya berharap hasil rapat koordinasi ini dapat memperlancar kegiatan restorasi gambut di Kalimantan Selatan dalam proses pembangunan infrastruktur pembasahan Gambut (PIPG) serta pengembangan kapasitas teknis masyarakat desa melalui bantuan revitaslisasi mata pencaharian masyarakat,” ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan,Ir Ikhlas,MP kepada Kalselpos.com.

Ikhlas juga mengharapkan momentum ini dapat memberikan manfaat untuk perbaikan lahan gambut serta perbaikan kualitas lingkungan hidup di Indonesia.

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider