Dishut dan ESDM Kalsel Survei Geolistrik Calon Persemaian Modern

oleh -267 views

BANJARBARU, Kalselpos.com – Tim gabungan Dinas Kehutanan dan Dinas ESDM Kalsel sedang survei geolistrik untuk lokasi persemaian modern di Desa Bangkal, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru pada Senin 20 Mei 2019.

Tim dipimpin Agung Hananto, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (KSBTU) UPTD BPTH; dan Dwi Priyono, Kasi Peralatan Eksplorasi dan Perpetaan UPTD Laboratorium ESDM. Tim melakukan pengambilan titik koordinat survei geolistrik.

Agung—begitu ia disapa–mengatakan kegiatan ini baru tahap orientasi lapangan dengan mengambil titik koordinat. “Selanjutnya akan menjadi acuan lokasi jalur survei geolistrik,” tutur Agung Hananto.

Baca Juga ==>Kadishut Kunjungi Desa Penghasil Sereh Wangi

Menurut Dwi Priyono, survei geolistrik bertujuan menentukan jumlah cadangan air tanah. Ia berkata titik yang potensi debit air tanahnya besar, akan dibuat sumur bor.

Lebih lanjut, Dwi menjelaskan, survei geolistrik merupakan salah satu metode geofisika yang bertujuan mengetahui sifat-sifat kelistrikan lapisan batuan di bawah permukaan tanah. Caranya, menginjeksi arus listrik ke dalam tanah.

“Jadi, manfaatnya terhadap persemaian modern lebih kepada aspek hidrologi, yaitu untuk mencari akuifer atau sumber air tanah,” imbuhnya.

Agung menambahkan, sumur bor akan menjadi sumber air dan mengatasi masalah pengairan di calon lokasi persemaian modern nantinya. Lokasinya bertopografi datar hingga bergelombang, dengan tutupan vegetasi semak belukar pada lahan seluas 14 hektare.

Pada lokasi ini telah dipasang patok setiap sudut tanah dan dipasang plank penanda untuk menghindari klaim pihak ketiga. Sebelumnya, telah dilakukan tinjau lapang oleh tim gabungan dari Dishut Kalsel, Badan Keuangan Daerah dan Biro Perlengkapan dan Layanan Pengadaan Barang/Jasa dalam rangka pemantapan dan klarifikasi aset.

Baca Juga ==>Kadishut Kunjungi Desa Penghasil Sereh Wangi

Kalsel sejatinya sudah punya persemaian permanen BPTH di areal Miniatur Hutan Hujan Tropika (MH2T) kawasan perkantoran Sekretariat Daerah Kalsel. Namun, Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq bercita cita kembali membangun persemaian modern skala nasional dan prestisius.

Penulis: Anas Aliando/hum
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider