Bupati Ajak Berzakat Melalui Baznas 

oleh -415 views
MENYERAHAN- Bupati HSS, Achmad Fikry, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, menyerahkan  ZIS ke‎pada petugas Basnaz HSS.(Humas/Sofan)

KANDANGAN, Kalselpos.com – Jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), ‎menyerahkan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), di halaman Kantor Bupati HSS, Senin (20/5).‎

‎Penyerahan ZIS dimulai dari Bupati HSS, Achmad Fikry, Wakil Bupati, Syamsuri Arsyad, Pj Sekda HSS, Huburiansyah, dan diikuti oleh kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

‎‎Gerakan berzakat diprakarsai oleh Baznas Kabupaten HSS yang mengusung tema “Keteladanan Pemimpin Muslim Dalam Berzakat”.‎

Baca Juga ==>Paman Birin : HUT Divisi ALRI Sangat Istemewa

Gerakan tersebut merupakan sebuah layanan pembayaran zakat yang dimulai oleh kepala daerah, aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten HSS dan instansi vertikal serta direksi dan karyawan BUMD/BUMN di bulan Ramadhan1440 H melalui Baznas.‎

Gerakan berzakat diawali dengan tausiyah oleh KH Muhyar Dahri, tentang zakat yang diantaranya para petani, apabila sampai nisabnya, yaitu 100 blek gabah bersih maka wajib berzakat 10 persen.

MENYERAHKAN- Bupati HSS, Achmad Fikry, menyerahkan secara simbolis ZIS kepada Ketua Basnaz didampingin jajarannya Basnaz.(Humas/Sofan)

Selain itu, yang wajib mengeluarkan zakat dari perkebunan, peternakan, pertambangan emas dan perak serta emas simpanan sampai nisab sebanyak 85 gram emas ‎wajib berzakat sebanyak 2,5 persen.

Sementara perdagangan dengan niat jual beli, rikaz atau zakat yang wajib dikeluarkan untuk barang yang ditemukan terpendam di dalam tanah, atau yang biasa disebut dengan harta karun yang terdiri dari emas atau perak sebanyak 20 persen.

Sementara itu, ‎Bupati HSS, Achmad Fikry, berharap dengan semakin aktifnya para ASN untuk membayar zakat, nantinya bisa lebih banyak zakat yang terkumpul, sehingga bisa dikelola dan bisa dibagikan oleh Baznas HSS kepada yang berhak.

Baca Juga ==>Paman Birin : HUT Divisi ALRI Sangat Istemewa

Selain itu, Bupati Fikry berharap ASN mengeluarkan zakat sesuai dengan kewajiban, dan menjadi pelopor membayar zakat melalui Baznas, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

“‎Sebagai ‎lembaga resmi dari pemerintah mulai tingkat nasional sampai ke Kabupaten, sehingga kita berkewajiban untuk mendukung lembaga yang dibentuk pemerintah untuk mengelola ZIS,” ujarnya.

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider