Bawang Merah Desa Danau Karya jadi Andalan Kalimantan Selatan

oleh -585 views

MARABAHAN, kalselpos.com – Penangkaran bawang merah di Desa Danau Karya, Kecamatan Anjir Pasar, Kabupaten Barito Kuala (Batola) setiap tahunnya terus mengalami peningkatan.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan juga sebagai Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Danau Karya, Sugiannor mengungkapkan, penangkaran bawang merah yang diawali sejak tahun 2015 sampai sekarang tahun 2019 ini terus mengalami peningkatan.

“Desa kami di Danau Karya adalah satu- satunya yang melaksanakan penangkaran bawang merah, bahkan pernah mendapat sertifikasi pada tahun 2017 dari Badan Pengawas Benih Provinsi Kalimantan Selatan,” terangnya.

Baca Juga ==>Renovasi Jembatan Desa Jejangkit Rampung

Disampaikanya, penangkaran bawang merah diatas tanah seluas dua hektar tersebut setiap tahunnya mengalami peningkatan sangat signifikan. Dalam tiga tahun ini, sambung Ketua Gapoktan, sejak di tahun 2018 kemarin sudah mampu panen dengan hasil yang berjumlah 16 ton per hektar untuk kering konsumsi.

Meskipun ada kendala dalam pengembangan bawang merah tersebut, namun tidak menyurutkan semangat bagi petani bawang merah tersebut. “Kendala kami penangkaran bawang merah ini adalah kurangnya ketersediaan air bersih, sehingga akan berkurangnya melakukan penyiraman,” ungkapnya.

Selain itu, kata Ketua Gapoktan Desa Danau Karya yang mempunyai anggota 14 orang itu mengungkapkan berbagai kendala lain, yakni keasaman tanah juga sangat juga sangat tinggi, sehingga memerlukan perlakuan khusus, baik itu melakukan pengapuran, penambahan pupuk kandang, pupuk pembenah tanah dan menambahkan bakteri pengurai untuk mengatasi hama penyakit pengendalian penangkaran bawang tersebut.

Ketua BPD sekaligus Ketua Gapoktan Desa Danau Karya itu juga menjelaskan terkait pemasaran bawang merah mengalami peningkatan dan tidak ada kendala. Dia menyampaikan, bawang merah Desa Danau Karya menjadi andalan Kalimantan Selatan. Karena para pedagang pasar selalu melirik bawang merah Desa Danau Karya.

“Bawang merah kami menjadi andalan Kalimantan Selatan, karena untuk di luar pulau mengandalkan ketersedian bawang merah kami, bahkan cenderung para pedagang pasar Kalimantan Selatan akan melirik bawang merah Desa Danau Karya,” bebernya.

Baca Juga ==>Renovasi Jembatan Desa Jejangkit Rampung

Sementara itu, juga turut hadir Hajiansyah selaku petugas pengendali tanaman dan perlindungan tanaman Hortikultura dari Banjarbaru sebagai petugas lapangan daerah Kecamatan Anjir Pasar menyaksikan penangkaran bawang merah di Desa Danau Karya dan juga Camat Anjir Pasar M Husaini, Danramil Kecamatan Anjir Pasar H Noordin juga ikut menyaksikan langsung penangkaran bawang merah Desa Danau Karya.

Hajiansyah mengungkapkan, untuk tanaman sayur dan penangkaran bawang merah sejak tahun 2015 lalu, penyakit tanaman sayur, khususnya bawang merah di Desa Danau Karya sebagian besar dapat ditangani dengan baik.

“Alhamdulilah di tahun 2018 kami melakukan penanganan secara optimal untuk penangkaran bawang merah. Kami mampu menekan sampai 50 persen dan secara berangsur untuk pengendali hama penyakit tanaman berkurang, alhamdulilah hasilnya cukup memuaskan,”tutur Hajiansyak kepada kalselpos.com.

Dalam hal tersebut, Kepala Desa Danau Karya, Supardi mengatakan, penangkaran bawang merah di wilayah desanya diatas tanah yang kurang lebih dua hektare tersebut dikerjakan oleh para kelompok tani yang dikoordinir oleh Gapoktan.

Dikatakanya, para kelompok tani tersebut dibimbing, baik dalam tata cara penanaman dan lainya, sehingga membuahkan hasil sesuai dari tahun sebelumnya yang cukup memuaskan.

Baca Juga ==>Renovasi Jembatan Desa Jejangkit Rampung

“Alhamdulilah sejak tahun 2015 sampai tahun 2019 ini penangkaran bawang merah di desa kami semakin meningkat dan pemasaran pun sangat bagus, selain itu juga menjadi andalan Kalimantan Selatan bawang merah Desa Danau Karya,” tukasnya.

Tentunya dalam hal ini, Kepala Desa Danau Karya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) dengan adanya penangkaran bawang merah yang satu- satunya ada di Kecamatan Anjir Pasar bisa ditingkatkan lagi, sehingga akan bisa meningkat taraf ekonomi Desa Danau Karya.

“Saya berharap kepada Pemkab Batola, penangkaran bawang merah bisa ditingkatkan lagi volume hektar tanahnya,” harapnya.

Penulis Muliadi
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider