ASN dan Ormas adakan Aksi Bersih-bersih Masjid Raya Sabilal Muhtadin

oleh -350 views
Aksi bersih - bersih di Masjid Raya Sabilal Muhtadin jelang tibanya bulan suci Ramadhan.(Anas Aliando)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Sedikitnya tiga ribu orang dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan ormas keagamaan serta organisasi lingkungan hidup, melakukan aksi bersih – bersih di kawasan masjid raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Jum’at (3/05/2019) pagi.

Kegiatan ini dipimpin langsung Gubernur Kalimantan Selatan – Sahbirin Noor, yang diwakili sekretaris daerah Provinsi Kalimantan Selatan Abdul Haris Makkie.

Kepada wartawan, Sekdaprov Kalimantan Selatan Abdul Haris Makkie mengatakan, aksi bersih – bersih kawasan masjid kebanggaan Kalimantan Selatan tersebut,  diprakarsai gubernur untuk menyambut bulan suci Ramadhan, yang tinggal beberapa hari lagi.

Baca Juga ==>Masjid Sabilal Muhtadin terima Bantuan Kurma 1,2 Ton dari Telkomsel

“Kegiatan ini juga sebagai edukasi bagi masyarakat untuk lebih mencintai kebersihan dan menjadikannya sebagai gaya hidup sehat. Dengan alasan itulah dipilih kawasan masjid raya  yang menjadi pusat berkumpulnya massa untuk beribadah  agar pesan edukasi tersebut dapat tersampaikan,” ujarnya.

Selain melakukan aksi bersih – bersih, pada saat yang sama menurut Kepala Dinas Lingkungan hidup Kalimantan Selatan  Muhammad Ikhlas Indar, pihaknya juga mendukung kampanye pengurangan sampah plastik untuk menuju Indonesia Bersih tahun 2025.

“Kampanye  dilakukan dengan meminta para peserta aksi bersih – bersih untuk membawa tempat minum atau tumbler sendiri karena kami tidak menyediakan minuman dalam kemasan. Begitu pula makanan kecil atau snack yang disediakan  dibungkus menggunakan daun yang lebih ramah lingkungan,” ujarnya.

Aksi bersih – bersih dilakukan diseluruh kawasan masjid  mulai dari taman gorong – gorong atau got  serta bagian dalam masjid.  Khusus bagian dalam masjid dilakukan oleh anggota BKPRMI kota Banjarmasin, sedangkan ASN pemprov Kalimantan Selatan berkonsentrasi membersihkan areal luar masjid.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Aspihan Zain
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider