55 Caleg segera duduki Kursi DPRD Kalsel

oleh -1.404 views
Ilustrasi.(net)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Berdasarkan hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara tingkat Provinsi Kalsel, yang digelar Komisi Pemilihan Umum di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, sebanyak 55 kursi calon anggota legislatif telah terisi.

Mereka berasal dari 13 kabupaten/kota dan ada di tujuh daerah pemilihan (dapil) dan akan mengisi posisi sebagai wakil rakyat di gedung Rumah Banjar, untuk periode 2019-2024.

Sementara, dari seluruh jumlah anggota DPRD Kalimantan Selatan yang berhasil duduk pada Pemilu 2014 lalu itu, hanya 30 orang yang memilih bertahan dan mencalonkan diri kembali di Pemilu 2019.

Baca Juga ==>Bawaslu temukan Empat Caleg Diduga Lakukan Tindak Pidana Pemilu

Sedikitnya, ada 25 orang yang memilih tak mencalon, ada yang naik kasta ke DPR RI dan sebagian turun jadi calon anggota DPRD kabupaten dan kota.

Artinya, dari total wakil rakyat Rumah Banjar periode 2014-2019 ini, dapat disebut hanya separuh yang memilih berlaga kembali di Pemilu 2019. Sisanya, ada memilih tak lagi mencalonkan diri dengan berbagai macam alasan.

Hasil yang dicapai untuk Dapil 1, meliputi Kota Banjarmasin dengan 8 kursi yang diperebutkan berhasil diraih oleh, Dewi Damayanti Said (Golkar), M Lutfi Syaifuddin (Gerindra), Rosehan (PDIP), Suripno (PKB), Nuralis (PAN), Haryanto (PKS) dan Habib Ahmad Bahasyim Siswadi (Demokrat), Hj Karmila (PAN).

Di Kabupaten Banjar atau Dapil 2, diisi oleh Habib Ahmad (PAN), Agus Wardana (PKB) dan Pangeran Abidinsyah (Demokrat), Hasbullah (PPP), H Rusli (Golkar), Hj Jihan (Gerindra), Fahrani (PDIP), Janie (Nasdem), S Rugayah (Golkar).

Sedangkan, Dapil 3 Barito Kuala (Batola) ada, Karlie Hanafi Kalianda (Golkar), Siti Norlita (Gerindra) dan Fajrin (PDIP) Hasanuddin Murad (Golkar).

Baca Juga ==>Bawaslu temukan Empat Caleg Diduga Lakukan Tindak Pidana Pemilu

Di Dapil 4 Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Hulu Sungai Tengah (HST) ada H M Izhar Marzuki (Gerindra), Hj Heriatie (Golkar), Habib Musa Assegaf (PKB), H Iberahim (Nasdem), Hj Gusti Rosyadi Elmi (PKS), Athaillah Hasbi (Golkar), Hj Rizky Miras Anggaraini (Hanura), Ardiansyah (PKS) dan Wahyudi (PDIP).

Sementara Dapil 5 Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Tabalong ada Supian HK (Golkar), Syahrujani (Golkar), Suwardi Sarlan (PPP), Gina (Nasdem), Habib Muhammad Zen Bahasyim (PAN), Hormansyah (PKB), Hasib Salim (PDIP), Syahdillah (Gerindra) dan Firman Yusi (PKS).

Sedangkan untuk Dapil 6 meliputi Tanah Bumbu dan Kotabaru ada Syarifudin (PDIP), Burhan (PDIP), Hamsyuri (PKB), M Yani Helmi (Golkar), Burhanuddin (Golkar), Iskandar (PPP), Iqbal Yudaannoor (PAN) dan I Made Bagia (Gerindra).

Terakhir Dapil 7 meliputi Tanah Laut dan Banjarbaru ada Hj Mariana (Gerindra), Imam Hanafi (PKS), Agus Mulya Husin (PAN), Imam S (PDIP), Troy Satria (Golkar), Hj GT Emma (Nasdem), Aris Gunawan (Gerindra), Zulfa (Demokrat).

Ketua KPU Kalsel, Sarmuji mengaku, pihaknya hanya berwenang menetapkan suara parpol dan caleg tingkat Provinsi, nantinya SK KPU terkait rekapitulasi tingkat Provinsi dan berita acara yang diserahkan pada masing-masing saksi parpol.

Baca Juga ==>Bawaslu temukan Empat Caleg Diduga Lakukan Tindak Pidana Pemilu

“Hasil rekapitulasi akan diserahkan langsung ke KPU RI, rekapitulasi perhitungan suara tanggal 12 Mei, dan untuk penetapan serentak oleh KPU RI pada tanggal 22 Mei nanti,” katanya.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider