Dukcapil Tapin Luncurkan Inovasi Dokter Cinta

Ibu Melahirkan Rumah Sakit Langsung Bisa Dibuatkan Akta Kelahiran.(dilah)

RANTAU, Kalselpos.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tapin meluncurkan inovasi baru “Dokter Cinta” ( Dukumen Terbit Cepat Tanpa Diminta) khusus bagi keluarga ibu bersalin atau melahirkan di Rumah Sakit Umum Daerah Datu Sanggul Rantau.

Sebuah pelayanan kepada masyarakat memberikan dukumen kependudukan berua Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA) dan Kartu Keluarga (KK) secara cepat bagi ibu bersalin di rumah sakit.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tapin Hj Rusnaidah menjelaskan, Dokter Cinta ini sebuah inovasi baru dalam mempermudah dan cepat kepada warga masyarakat untuk memiliki data kependudukan khusus bagi ibu bersalin di rumah sakit.

Baca Juga ==>Disdukcapil Luncurkan GISA

“Cara kerja inovasi ini diperkenankan kepada ibu yang melahirkan di RS Datu Sanggul,” jelas Kepala Disdukcapil Tapin Rusnaidah. Jadi bagi ibu yang sudah melakukan persalinan di rumah sakit dengan membawa lengkap dukumen kependudukan bisa dibuatkan langsung berupa kartu identitas anak (KIA), Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.

“Tiga dokumen itu bisa dibawa asal saat melahirkan, membawa persyaratan lengkap,” bebernya. Kendatipun demikian, dalam inovasi ini, masih terkendala nama dari anak yang sudah dilahirkan, yakni belum siapnya dari keluarga yang melahirkan untuk menentulan pemberian nama bagi bayi yang sudah dilahirkan.

Karena biasa dilakuan acara selamatan dulu apa yang di sebut dengan aqikah pemberian nama pada seorang bayi yang baru lahir baru keluarga yang berasangkutan mengurus administrasi kependudukan untuk dibuatkan akta kelahiran, kia dan kartu keluarga.

Berharap adanya layanan ini, warga masyarakat bisa memanfaatkannya, karena tidak repot lagi untuk mengurus kependudukan di Dusdukcapil Ditambahkannya bahwa, kami terus menerus melakukan inovasi, hal ini tidak lain untuk.memberikan kemudahan bagi warga masyarakat Tapin untuk memiliki dukumen kependudukan.

Inovasi Dokter Cinta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tapin bekerja dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah Datu Sanggul Rantau Sebelumnya juga meluncurkan pembuatan akta secara online dengan berada di rumah warga sudah bisa membuat akta kelahiran dan mencetaknya sendiri.

Baca Juga ==>Disdukcapil Luncurkan GISA

Penulis: Dillah
Editor:wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=5]

Pos terkait