Pemkab HSU luncurkan Program SIMPUN 

  • Whatsapp

AMUNTAI, Kalselpos.com – Kabupayen Hulu Sungai Utara (HSU) tengah memperingati Hari Jadi ke-67 dengan tema “Begawi Behimat, Hasil Babarkat, HSU Mantap”  di Lapangan Pahlawan Amuntai, Selasa (30/4). 

Peringatan yang yang dihadiri Bupati HSU,  H. Abdul Wahid HK, MM.M.Si dan Wakilnya H. Husairi Abdi, Lc, pejabat dan masyarakat ini juga tampak dihadiri  Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor, bersama Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah, DPRD Provinsi Kalsel, Bupati/Wali Kota se- Kalsel. 

Bacaan Lainnya

Peringatan begitu meriah dengan iringan tarian nusantara dan musik yang dibawakan anak dan remaja di HSU, serta iringan Yayasan Sanggar Air HSU binaan Dra. Hj.Anisah Rasyidah Wahid. 

Tari Nusantara ini bentuk Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam dan terbagi atas kebudayaan Nasional juga daerah. Kebudayaan nasional sebagai unsur pemersatu bangsa, sedangkan kebudayaan daerah berasal dari daerah sendiri.

Bupati Hulu Sungai Utara,  H. Abdul Wahid HK dalam sambutannya menyampaikan,  Kabupaten Hulu Sungai Utara yang telah berusia 67 tahun ini dapat mengatarkan Kabupaten HSU menjadi daerah otonomi yang lebih baik, menjadi otonomi daerah yang Maju, Mandiri, Sejahtera, Agamis dan Produktif sesuai dengan visi HSU MANTAP.

“Momentum peringatan hari jadi Kabupaten Hulu Sungai Utara yang ke 67 dapat menyegarkan semangat kita meneguhkan pendirian kita bahwa banua yang kita cintai ini adalah rumah kita bersama,” ucap Wahid. 

Dikesempatan itu, Pemerintah daerah juga melaunching Portal HSU dan Aplikasi Sistem Informasi Menejemen Kependudukan atau disingkat (SIMPUN) yang di Kelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika HSU berkejasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil HSU.

Sistem ini bertujuan meningkatkan pelayanan masyarakat khususnya pelayanan dokumen kependudukan di Kabupaten HSU secara efektif, efisien dan akuntabel agar memberi kemudahan bagi masyarakat serta memberikan dampak yang berarti.

Portal HSU merupakan sebuah implementasi dari Peraturan Bupati Hulu Sungai Utara No 54 Tahun 2018 tentang Penerapan dan Pengembangan E-Goverment Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara.

“Layanan E-Government yang dapat diakses melalui Portal HSU akan terintegrasi dengan berbagai berbagai layanan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang dapat terus dikembangkan, seperti Simpeg, e-Planing, e-Budgeting, E-SAKIP, e-Office, e-Kinerja, dan lain-lain, “ujar Wahid

Wahid juga menambahkan Portal HSU ini juga menjadi program smart city di Kabupaten HSU dan sebagai dukungan pemerintah kabupaten telah di tandatangani komitmen bersama yaitu Gerakan HSU MANTAP Menuju Smart City.

“Sementara untuk layanan umum akan terintegrasi dengan berbagai layanan kemasyarakatan berbasis elektronik yang dapat terus dikembangkan, seperti e-Perizinan, SIMPUN (Sistem Informasi Manajemen Kependudukan), e-Kesehatan, e-Lapor, e-Informasi, e-Pendidikan, dan lain-lain,” jelas Wahid.

Diresmikannya Aplikasi SIMPUN dan Portal HSU dengan Penandatanganan komitmen bersama dan pelepasan balon oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, Ketua TP PKK Provinsi Hj Raudatul Jannah, Bupati HSU . H. Abdul Wahid HK, Wakil Bupati HSU, H. Husairi Abdi, Ketua TP PKK Kabupaten HSU Hj Anisah Rasyidah dan Ketua DPRD Kabupaten HSU  H. Sahrujani.

Selain kemeriahan tersebut, juga dilaksanakan berbagai macam lomba dalam rangka menyambut hari jadi Bumi Bertakwa ke 67 dan kuliner wadai kampung gratis serta stand pameran pembangunan di sepanjang jalan basuki rahmat Kota Amuntai.

Penulis:Adiyat
Editor:A. Syaufi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

[smartslider3 slider=5]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.