Wow! Ada Hadiah Rp 1 Juta Per Laporan Aksi Politik Uang di Pemilu 2019

oleh -367 views
ilustrasi politik uang

SOLOK KOTA, Kalselpos.com – Kepolisian Resor (Polres) Solok Kota, Sumatera Barat (Sumbar) membuat terobosan untuk membantu menciptakan Pemilu 2019 di daerah tersebut bersih dari politik uang. Caranya, memberikan hadiah uang tunai Rp 1 juta jika ada masyarakat yang berani melaporkan aksi politik uang beserta bukti jelang hari H pencoblosan.

“Kami mengadakan diskusi dan pertemuan dengan calon legislatif dan Ketua partai untuk membahas dan menyamakan persepsi tentang politik uang,” kata Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan di Solok, kemarin (14/4) malam.

Dalam pertemuan tersebut, pihaknya menyatakan siap memberikan reward atau hadiah uang tunai Rp 1 juta bagi masyarakat yang berani melaporkan adanya politik uang saat masa tenang dan menjelang pemilu 17 April 2019.
Menurut Kapolres, politik uang tidak boleh dijadikan cara untuk memperoleh kekuasaan.

“Bagaimana dengan nasib calon legislatif yang tidak mempunyai uang? tentu akan langsung kalah. Maka itulah harus dilawan agar demokrasi berjalan adil,” tandas Dony.

Dia mengimbau masyarakat untuk tidak segan melaporkan jika ada politik uang dan pelanggaran, walaupun para pelaku aksi ini mereka kenal dan memiliki kedekatan. Apalagi, sesuai peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU), hanya pemberi politik uang yang diproses hukum.

Sedangkan pihak penerima uang tidak akan mendapat tuntutan. Melalui kebijakan ini, Dony berharap pihaknya turut membantu memunculkan pemimpin maupun legislator  yang bekerja memakai hati, sehingga benar-benar mendengarkan suara masyarakat yang dipimpin dan diwakilinya.

Penulis  : Ant
Editor : Didin
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider
OS