Warga HSU antusias ikuti Kampanye Germas

oleh -68 views

AMUNTAI, Kalselpos.com – Hidup sehat adalah keinginan semua orang, tak terkecuali masyarakat Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Masyarakat di Kecamatan Babirik berbondong bondong mendatangi terminal Babirikmengikuti kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang digelar oleh pemerintah daerah, Minggu (14/4) pagi.

Kampanye Germas diisi dengan senam bersama dan pembagian doorprize untuk masyarakat yang beruntung. Senam bersama dipilih dalam setiap kampanye Germas di berbagai wilayah Kabupaten HSU, karena merupakan salah satu olahraga yang merakyat dan mudah dilaksanakan oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Bupati HSU,  H Abdul Wahid HK mengatakan, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara terus menggelorakan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Oleh karenanya, Wahid mengapresiasi antusias masyarakat yang memiliki semangat yang tinggi untuk mengikuti kegiatan seperti ini, sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan.

“Ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan oleh masyarakat dalam setiap kampanye Germas, yaitu perlunya melakukan aktivitas fisik setiap hari, makan makanan bergizi dan seimbang, serta selalu melakukan cek kesehatan secara berkala di pelayanan kesehatan yang telah disediakan,” pesan Wahid. 

Menurut Wahid, semua itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit tidak menular seperti serangan jantung, hipertensi, diabetes, gagal ginjal, dan lain-lain. Karena tingkat kematian akibat penyakit tidak menular selama ini lebih tinggi dibandingkan penyakit menular.

Di samping menjaga pola makan yang begizi dan seimbang, masyarakat juga harus menjaga pola hidup yang baik, seperti menghindari asap rokok dan mengurangi kebiasaan merokok, karena merokok dapat memicu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat. Masyarakat juga diimbau untuk rutin melakukan cek kesehatan, jangan saat sudah sakit baru melakukan pemeriksaan.

Dalam kegiatan ini, di samping melaksanakan senam bersama, juga disediakan pelayanan cek kesehatan gratis serta pemeriksaan kimia darah seperti gula darah dan kolesterol.

Warga yang memanfaatkan pelayanan kesehatan gratis tersebut merasa senang, karena dengan adanya pemeriksaan kesehatan seperti ini mereka bisa mengetahui kondisi kesehatannya.

Penulis: Adiyat/Tim
Editor: A. Syaufi
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider

Facebook Comments