Wanita Warga Binaan Rutan Rantau Ikuti Pemeriksaan Iva Test dan Deteksi Kanker Payudara

oleh -615 views
Sebanyak 10 oran wanita ikuti pemeriksaan IVA Test dan deteksi dini kanker payudara.(Dillah)

RANTAU, Kalselpos.com – Sebanyak 10 wanita warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) kelas 2B Rantau mengikuti pemeriksaan IVA ( Insfeksi Visual Asam Asitat (IVA)Test dan dan deteksi kanker payudara melalui periksa payudara sendiri (Sadanis) secara gratis. Selasa (30/4). Kemarin bertempat rutan setempat.

Satu persatu wanita warga binaan kelas 2 Rantau dipanggil melakukan serangkaian proses pemeriksan mulai beukur badan, berat, periksa darah sampai pada pemeriksaan IVA Tes dan periksa payudara sendiri (Sadanis) yang dilakukan oleh Ikatan Bidan Indonesia Kab Tapin.

Ketua TP PKK Kecamatan Tapin Utara Endang Komariah menjelaskan, pentingnya Iva tes untuk mengantisipasi terjadinya kanker servik terhadap wanita begitupula kanker payudara. “Dilakukan iva tes ini sebagai pemeriksaan leher rahim yang juga bisa digunakan sebagai pendeteksi pertama terjadinya kanker rahim,” ujarnya.

Baca Juga ==>Jelang Ramadhan Istri Prajurit Bagi Sembako warga Kurang Mampu Desa Lokapaikat

Kegiatan ini juga bertujuan mensehatkan kaum perempuan warga binaan rutan rantau dan terhindar dari penyakit kanker. berharap kegiatan ini bisa berjalan dengaj baik upaya mendeteksi secara dini kanker serviks jika ada yang ditemukan, ke depan akan dilakukan tindakan selanjutnya yakni dengan pengobatan.

Kepala Rutan Kelas 2B Rantau, Batara Hutasoit mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten Tapin yang telah memberikan pelayanan kesehatan terhadap warga binaan khusus bagi wanita.

“Terima kasih atas perhatian pemeritah Kabupaten Tapin memberikan pelayanan kesehatan kepada warga binaan khusunya wanita untuk mencegah terjadinya kanker servik,” ujarnya.

Mudah-mudahan warga binaan kami bisa tetap sehat selama menjalani di rumah tahanan. Turut hadir Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Tapin dan perwakilan dari Puskesmas Tapin Utara serta Jajaran Kalapas rutan kelas 2B Rantau.

Penulis:Dillah
Editor:Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider