Wabup Syamsuri : Pelaku Usaha Hindari Rentenir

oleh -204 views
SAMBUTAN- Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, memberikan sambutan pada pelatihan kewirausahaan pemula.(Humas/Sofan)

KANDANGAN, Kalselpos.com – Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), mengelar pelatihan kewirausahaan bagi wirausaha pemula.‎ Pelatihan kewirausahaan bagi wirausaha pemula‎ tersebut, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, Kamis (18/4), di Gedung BKD II.

Kabid Koperasi, Disnakerkop UKP Kabupaten HSS, Fitri, mengatakan, pelatihan bertujuan untuk memberikan pembekalan dan keterampilan manajerial bagi pelaku usaha mikro dan koperasi, menambah gairah berusaha dan meningkatkan daya saing pelaku usaha.

“Pelatihan akan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 18 hingga 20 April 2019 mendatang, dengan jumlah peserta 60 orang baik dari unsur UKM, penerima manfaat bantuan sosial seperti PKH, binaan P2WKSS, kader Posyando dan lainnya,” katanya.

MENDENGARKAN- Para perserta pelatihan kewirausahaan pemula memdengarkan sambutan Wakil Bupati HSS, Syasuri Arsyad.‎(Humas/Sofan)

Dikatakannya, ‎pelatihan dipandu narasumber dari Disnakerkop UKP Kabupaten HSS dan Lembaga Pemberdayaan Koperasi dan UKM (LP2UKM). “Selain memberikan bekal pengetahuan dan nantinya diakhir pelatihan masing-masing peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan kewirausahaan,” ujarnya.‎

Nanti, kata dia, sertifikat tersebut digunakan sebagai salah satu syarat dalam mengajukan proposal wirausaha pemula yang merupakan program dari Kementerian Koperasi dan UKM RI dalam mencetak wirausaha-wirausaha baru secara nasional.
​​​​​​​‎‎
“Sebenarnya banyak potensi dari usaha dan pelaku usaha kita di HSS yang dapat diusulkan, namun terkendala syarat sertifikat sehingga tidak bisa mengusulkan bantuan tersebut,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, mengatakan, sangat mengapresiasi pelatihan untuk memberikan pengetahuan, yang juga sertifikat sebagai syarat usulan proposal dalam mendapatkan bantuan dari program wirausaha pemula.

“Pelatihan ini sejalan dengan visi  dan misi Kabupaten HSS,  bangkit bersama aghnia untuk berwirausaha, dan akan terus melakukan  pendampingan melalui SKPD terkait,” ujarnya.‎

Menurutnya, pelatihan ini nantinya para peserta dapat mengetahui cara mengelola usaha dengan baik, sesuai standar, UKM dan jasa yang dirintis dari bawah lebih tahan dan kuat terhadap krisis keuangan di banding yang lain‎.

“Yang ‎terpenting para pelaku usaha tidak terjebak dengan rentenir. Kedepan kami akan terus mengupaya membantu menfasilitasi pemenuhan permodalan melalui perbankan‎,” ujarnya.

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA. Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider
Facebook Comments