UNBK, SMA Pinggiran dapat Perhatian Khusus

oleh -695 views
Kabid SMA Disdikbud Kalsel, Muhammadun

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Sebanyak 21.961 peserta didik tingkat kelas 12 SMA se Kalsel mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara serentak tanggal 1 April 2019.

Ada hal istimewa bagi sekolah pinggiran di Kalsel sebagian besar rata-rata sudah bisa melaksanakan ujian mandiri tanpa ikut dengan sekolah lain.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang SMA Disdikbud Kalsel, Muhammadun, kepada Kalselpos Senin (1/4) disela-sela peninjauan pelaksanaan UNBK SMA 10 dan 9 dipinggiran Kota Banjarmasin mengatakan, pemerintah provinsi Kalsel melalui Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengintruksikan agar ada skala prioritas untuk perhatian khusus sekolah pinggiran ini, sehingga kedepan ada pemerataan kualitas sekolah baik sarana prasaran,fasilitas, gedung dan lainnya.

Baca Juga ==>Pelaksanaan UNBK di SMKN 2 Simpang Empat Berjalan Lancar

“Sesuai arahan Gubernur pola bantuan diprioritaskan sekolah pinggiran termasuk pengadaan komputer,” ujar Muhammadun. Menurutnya, support dan bantuan ini merupakan komitmen agar Kalsel merata skala kualitas pendidikannya dan diharapkan di tahun 2020 seluruh sekolah SMA sudah bisa menggelar UNBK secara mandiri.

Kemudian tujuan hasil yang dicapai bukan semata hasil namun prestasi di mana secara nasional nilai bisa naik kisaran 0,1 atau 0,2 dibandingkan tahun lalu 0,05. “Ya semoga ada kenaikan nilai secara nasional dibandingkan tahun lalu meski sudah ada kenaikan pada tahun 2018 lalu,” harapnya.

Lanjut Madun, pihaknya optimis nilai rata-rata nasional bisa meningkat dari tahun 2018 lalu,hal ini bukan tanpa alasan dari perlombaan sains fisika Kalsel berhasil meraih predikat juara 1 nasional, artinya potensi pelajar di banua ini sangat baik dan membuktikan kecerdasan.  “Semoga saja kedepan sains ini bisa ikut skala internasional dan meraih prestasi terbaik,” tutur Madun.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store 
Aplikasi Kalselpos.com

Slider